Wujudkan Komitmen di Dunia Vokasi, Poltekbos Teken MoU dengan THE 101 Bali Fontana

47
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Politeknik Bosowa (Poltekbos) lakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) serta Memorandum of Understanding (MoU) bersama THE 101 Bali Fontana Seminyak sebagai perwujudan kolaborasi pendidikan dan dunia industri yang digelar di Bali.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Poltekbos Dr. Ridwan, S.T., M.Si., bersama General Manager THE 1O1 Bali Fontana Seminyak, I Wayan Karta.

Selain itu, turut hadir juga Director in Charge Bosowa Education, Asrul Hidayat, Division Head HR & GA, Darmawan, Wakil Direktur Bidang Sumber Daya Akademik, Dewi Andriani, S.ST.Par., M.Par., Kepala Pusat Pengembangan Karir dan Kerja Sama, Nila Sartika Achmadi, S.M.B., M.M., beserta tim, Ketua Program Studi Perhotelan, Anggun Sari Sasmita, S.ST.Par., M.Par., dan Anggota Lembaga Penjaminan Mutu, Yoan Elviralita, S.ST., M.T.

Sedangkan dari THE 101 Bali Fontana Seminyak,  Ni Putu Hartini selaku Human Capital Manager juga turut hadir untuk mendukung kerjasama ini.

Serta perwakilan dari Politeknik Negeri Bali (PNB) Ni Nyoman Harini Puspita, S.T., M.Kom., juga hadir untuk memberikan dukungan dalam program tersebut.

Penandatanganan bertujuan untuk memperkuat kemitraan antara Poltekbos sebagai lembaga pendidikan dan THE 101 Bali Fontana Seminyak sebagai pelaku industri perhotelan.

Dalam era globalisasi dan persaingan yang ketat, kolaborasi semacam ini sangat penting untuk menyiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Hal ini diharapkan akan tercipta sinergi yang saling menguntungkan, baik bagi mahasiswa maupun pihak industri.

Tak hanya itu saja, Poltekbos mendapatkan hibah sebesar 350 juta rupiah yang juga berperan sebagai Pertivsas (Perguruan Tinggi Vokasi Sasaran), sedangkan Politeknik Negeri Bali (PNB) berfungsi sebagai Pertivsum (Perguruan Tinggi Vokasi Sumber).

Pertivsum bertugas untuk mendampingi Pertivsasdalam mengoptimalkan kemitraan dengan dunia usaha dan industri.

Baca Juga :   Danny Pomanto Jajaki Kerja Sama “Smart Street Lighting Project” 

Program merupakan bagian dari Hibah Optimasi Kemitraan Perguruan Tinggi Vokasi dengan Dunia Usaha-Dunia Industri yang diselenggarakan oleh Direktorat MITRAS DUDI.

Direktur Poltekbos, Dr. Ridwan, S.T., M.Si memaparkan penandatanganan MoU dan PKS ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan lebih banyak program kolaboratif antara institusi pendidikan dan industri.

“Dengan adanya kerjasama ini, mahasiswa Poltekbos akan mendapatkan berbagai manfaat seperti kesempatan magang di THE 101 Bali Fontana Seminyak dan pelatihan langsung dari para profesional di industri perhotelan. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa tetapi juga memperluas jaringan mereka di dunia kerja,”paparnya.

Menurut Ridwan, adanya dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, pendidikan vokasi di Indonesia dapat berkembang lebih pesat dan menghasilkan lulusan yang berkualitas serta siap bersaing di pasar global.

“Dengan demikian, kerjasama antara Politeknik Bosowa dan THE 101 Bali Fontana Seminyak tidak hanya menjadi sebuah formalitas semata tetapi juga sebuah komitmen nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini,” pungkasnya.