Pemprov Sulsel Dukung Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

7
Sekda Sulsel, Jufri Rahman pada pembukaan "Bulan Eksyar 2024", Selasa (01/10/2024). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel siap berkolaborasi dengan stakeholder terkait dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar). Apalagi, Eksyar memiliki potensi yang sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sulsel.

“Dengan menjunjung tinggi nilai keadilan, transparansi, dan kemaslahatan, ekonomi syariah dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan ekonomi yang kita hadapi saat ini,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, mewakili Penjabat Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh pada pembukaan “Bulan Ekonomi dan Keuangan Syariah 2024”, Selasa (01/10/2024).

Pengembangan Sulsel menjadi pusat Eksyar sangat mungkin dilakukan, termasuk dengan menjadikannya sebagai pangsa pasar untuk produk halal. Apalagi didukung mayoritas penduduk beragama Islam, sebagaimana data Kementerian Agama, porsi penduduk beragama Islam di Sulsel mencapai 90,2 persen dari total penduduk 9,4 juta jiwa (Data 2023, red).

“Pemprov Sulsel siap mendukung dan berkolaborasi dalam pengembangan Eksyar yang fokus pada pengembangan industri produk halal, industri jasa keuangan syariah, dana sosial syariah, serta bisnis dan kewirausahaan syariah,” tegas Jufri Rahman.

Ia berharap, seluruh jajaran pemerintah kabupaten dan kota untuk meningkatkan literasi dan edukasi syariah. Seperti mengadakan sosialisasi dan pelatihan, penguatan infrastruktur ekonomi syariah dengan menyediakan Rumah Potong Hewan (RPH) yang tersertifikasi halal.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel, Rizki Ernadi Wirmanda, mengatakan, pihaknya sangat menyadari pentingnya peranan ekonomi dan keuangan syariah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Sulsel. Potensi Sulsel dalam sektor ekonomi syariah sangat besar, baik dari sisi sumber daya alam, budaya, maupun jumlah penduduk yang mayoritas muslim.

“BI sebagai bagian dari penggerak ekonomi dan keuangan syariah nasional melakukan berbagai upaya dalam hal memajukan dengan tiga strategi penguatan. Yaitu, penguatan ekosistem produk halal, penguatan keuangan syariah, dan penguatan literasi inklusi dan penguatan ekonomi industri halal,” jelas Rizki.

Baca Juga :   Danny Pomanto Setuju Balai Pengelola Transportasi Darat Buka Median Jalan untuk Akses Langsung Pertigaan Antang-Perintis

Editor : Bali Putra