FKM Unhas Gelar “The 1st ICHP-PH 2024

75
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR  – Fakultas Kesehatan Masyarak (FKM) Universitas Hasanuddin menggelar The 1st International Conference on Health Policy and Public Health (ICHP-PH) 2024 di Unhas Hotel and Convention, Rabu (09/10/2024).

(ICHP-PH) 2024 bertujuan membahas dan mencari solusi atas tantangan kesehatan global yang semakin kompleks. Konferensi ini akan mengkaji secara mendalam mengenai cara memperkuat ketahanan dan keberlanjutan sistem kesehatan di seluruh dunia.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., secara resmi membuka konferensi ini. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya konferensi ini sebagai langkah awal yang krusial dalam mendorong inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan masyarakat. Beliau berharap konferensi ini dapat menjadi agenda tahunan yang semakin berkembang.

“Konferensi ini menjadi momentum penting dalam upaya kita bersama untuk memajukan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang kebijakan kesehatan dan kesehatan masyarakat. Memulai kolaborasi baru bersama para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Kita harus lebih inovatif dalam mencari solusi atas tantangan kesehatan masyarakat yang semakin kompleks,” jelas Prof. JJ

Prof. JJ menegaskan bahwa kolaborasi multidisiplin merupakan kunci keberhasilan dalam mengatasi tantangan kesehatan global. Dengan demikian membutuhkan kolaborasi multidisiplin, yang melibatkan para insinyur, ilmuwan, dan berbagai ahli lainnya. Ini adalah tantangan besar bagi pimpinan fakultas untuk memfasilitasi kolaborasi semacam ini.

Kebijakan kesehatan merupakan instrumen yang sangat penting dalam upaya mencapai tujuan kesehatan masyarakat. Melalui kebijakan yang tepat, kita dapat mengalokasikan sumber daya secara efisien, mendorong perubahan perilaku, dan menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan. Konferensi ini menjadi wadah bagi para pembuat kebijakan, peneliti, dan praktisi untuk berbagi pengalaman dan merumuskan strategi bersama dalam menjawab tantangan kesehatan global.

Baca Juga :   Danny Pomanto Paparkan Mega Proyek 2024, Tawarkan Revitalisasi Pantai Losari Jadi Waterfront City Kelas Dunia

“Masalah kesehatan masyarakat dan kebijakan kesehatan merupakan isu global yang sangat penting. Saya yakin bahwa konferensi ini akan menghasilkan ide-ide baru dan solusi inovatif yang tidak hanya relevan bagi Indonesia, tetapi juga bagi dunia internasional.” Tegas Prof. JJ

Pada kesempatan yang sama, Dr. Balqis, SKM, MSc. PH.,M.Kes., selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan tema koferensi “Developing Resilient and Sustainable HEalth Systems” merupakan isu yang sangat relevan dengan tantangan kesehatan global saat ini. Dan untuk membahas isu sebesar ini, kami telah mengundang para ahli dan pakar dari berbagai belahan dunia. Berasal dari berbagai universitas ternama, baik dalam maupun luar negeri.

Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, Ph.D., Dekan FKM Unhas menyampaikan terima kasih ekpada nanarsumbe ryang telah bersedia hadir di Universitas Hasanuddin untuk berbagi ilmu dan pengetahuan dibidangnya.

Konferensi ini telah menjadi wadah yang sangat baik untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan menghasilkan solusi-solusi inovatif guna menjawab tantangan di bidang kesehatan masyarakat. Semoga hasil dari konferensi ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.”

The 1st International Conference on Health Policy and Public Health (ICHP-PH) 2024 menyajikan beragam sesi menarik, mulai dari presentasi keynote oleh para ahli hingga sesi presentasi ilmiah. Selain itu, konferensi ini juga menjadi ajang yang efektif untuk membangun jaringan dan kolaborasi antar peserta. Harapannya, konferensi ini dapat mendorong lahirnya solusi-solusi inovatif untuk menghadapi tantangan kesehatan global.

Berikut 10 topik utama yang dibahas dalam The 1st International Conference on Health Policy and Public Health (ICHP-PH) 2024 yang diselenggarakan FKM Unhas;
• Sistem dan Layanan Kesehatan
• Kesetaraan Kesehatan dan Keadilan Sosial
• Kesehatan Global & Kesehatan Internasional
• Digital Kesehatan & Teknologi Kesehatan
• Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit
• Penyakit Menular dan Pandemi
• Kesehatan Ibu dan Anak
• Penyakit Kronis dan Penyakit Tidak Menular
• Kesehatan Lingkungan dan Kerja
• Perubahan Iklim dan Kesehatan.

Baca Juga :   Melalui Program TJSL, PLN Dukung Pelaku UMKM Peroleh Sertifikat HAKI