oMakassar lolos 4 besar Seleksi Nasional Jejaring Kota Kreatif UNESCO 2025

23
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Seleksi Nasional tahap I pengusulan nominasi anggota jejaring kota kreatif UNESCO (UCCN) telah selesai. Dari 12 kabupaten/kota yang mengajukan diri, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menetapkan 6 kabupaten/kota yang berhak melanjutkan ke seleksi tahap II. Di mana, dalam seleksi tahap II, menghasilkan 4 kab/kota yang akan mengikuti tahapan selanjutnya. Salah satu terpilih, Kota Makassar.

Kota Makassar kini melangkah ke tahap selanjutnya menjadi bagian dari UNESCO dalam kategori kota kreatif gastronomi. Pelaksanaan Seleksi nasional Tahap II berlangsung di JS Luwansa Hotel, Jakarta, 23 September 2024.

Kadis Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem memaparkan dihadapan 10 panitia seleksi nasional perjalanan dan capaian Kota Makassar Menuju Kota Kreatif Gastronomi UNESCO. Dimulai penetapan 10 ikon kuliner pada Tahun 2015 , kemudian penetapan branding Makasar Kota Makan Enak hingga Kota Makassar masuk dalam jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia dengan subsektor unggulan kuliner pada 2023, Kota Makassar terus berkembang sebagai pusat gastronomi yang diakui nasional dan internasional.

Dari paparan seleksi nasional tahap II tadi Panselnas telah menentukan 4 besar salah satunya adalah Kota Makassar, setelah ini Kemenparekraf akan melakukan visitasi untuk menentukan 2 besar yang akan diusulkan ke UNESCO untuk menjadi UCCN tahun 2025,” ujar kadis roem.

Direktur Infrastruktur dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Oneng Setiaharini mengatakan, pada proses seleksi tahap II yang dilakukan hari ini, 6 kabupaten/kota terpilih akan melakukan paparan Dossier dihadapan Panselnas, dan setelah paparan tersebut langsung diumumkan 4 besar untuk menuju tahap visitasi ujarnya saat membuka seleksi nasional tahap II di Hotel JS Luwansa Jakarta, Senin (23/09/2024).

Dengan tekad yang kuat, pemerintah Kota Makassar mengajukan sebagai kota kreatif gastronomi UNESCO melalui Kemenparekraf/Baparekraf. Langkah ini diharapkan membuka peluang global untuk memperkuat identitas kuliner Makassar serta dapat menjalin kolaborasi dengan kota dunia lainnya dalam jejaring Kota Kreatif UNESCO.

Baca Juga :   Pelaku UMKM Antusias Menunggu Disahkannya RUU Cipta Kerja Baru