KPU Sulsel Gelar Pleno, Tetapkan Dua Pasangan Cagub-Cawagub

9
Ketua KPU Sulsel Hasbullah (tengah) didampingi anggota saat rapat pleno tertutup penetapan dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (22/09/2024). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menetapkan dua pasangan calon gubernur dan wakil gubenur (Cagub-Cawagub) Sulsel dalam rapat pleno tertutup yang berlangsung di Hotel Claro Makassar, Minggu (22/09/2024).

Rapat pleno tersebut dipimpin Ketua KPU Sulsel, Hasbullah didampingi Anggota KPU Sulsel masing masing Tasrif, Upi Hastati, Romi Harminto, Ahmad Adiwijaya, Hasruddin Husain, dan Marzuki Kadir.

“Kami sudah melakukan pleno untuk menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel. Berita acara sudah ditandatangani dan surat keputusannya juga sudah kami bacakan,” ujar Hasbullah usai rapat pleno.

Sejak pendaftaran dibuka, 27-29 Agustus 2024, hanya ada dua pasangan calon yang mendaftar. Dua pasangan tersebut, Andi Sudirman Sulaiman – Fatmawati Rusdi dan Moh Ramdhan Pomanto – Azhar Arsyad.

Sesuai jadwal sebagaimana Peraturan KPU (PKPU) 2 / 2024 tentang penetapan paslon, setelah penetapan paslon, masih ada satu tahapan lanjutan yaitu pengundian nomor urut. Di mana, itu akan dilakukan, Senin (23/09/2024) sekitar pukul 09.00 Wita yang sekaligus dirangkaikan dengan kampanye damai.

“Berdasarkan tempat yang kami siapkan (Di Hotel Claro), kami bisa memfasilitasi paslon bersama tim dan parpol pendukung, masing-masing 100 orang. Mengingat pentingnya proses pencabutan nomor urut, kami mengundang beberapa pihak diantaranya paslon, tim paslon, parpol, media dan forkopimda,” katanya.

Untuk persiapan proses pencabutan nomor urut, KPU Sulsel akan rapat koordinasi bersama tim paslon, parpol serta aparat keamanan tentang teknis dan pengamana agar pelaksanaan kegiatan berlangsung aman dan lancar.

“Nanti sore bersamaan dengan kegiatan rapat kita. Kami minta masukan dan saran dari kepolisian terkait proses pengamanan. Tapi setahu saya kalau cuma cabut nomor urut, inikan tim semua mereka saling mengenal satu sama lain. Tidak mugkin ada hal yang kita khawatirkan,” katanya menekankan.

Baca Juga :   Sejumlah Motor Bertangki Besar Diamankan