Experiential Learning “Suara Demokrasi”, Siswa SMA Bosowa School Makassar Kunjungi KPU Sulsel

190
Siswa-siswi SMA Bosowa School Makassar melaksanakan kunjungan edukatif ke KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (22/08/2024). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Suara Demokrasi,” siswa-siswi SMA Bosowa School Makassar melaksanakan kunjungan edukatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada siswa mengenai sistem demokrasi di Indonesia, khususnya terkait peran mereka sebagai pemilih pemula dalam proses pemilihan umum dan pemilihan daerah. Mereka disambut Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Hasbullah.

Hasbullah menekankan pentingnya bagi generasi muda, terutama pemilih pemula, untuk memahami hak dan tanggung jawab mereka sebagai warga negara yang memiliki hak suara.

POTO : ISTIMEWA

“Pendidikan sejak dini tentang demokrasi sangat penting agar siswa mampu menjadi pemilih yang cerdas dan berintegritas dalam pemilu,” ujar Hasbullah.

Sahyra Ahniza, Kasubag Partisipasi & Humas KPU, turut memberikan penjelasan terkait pentingnya menjadi pemilih yang berintegritas dan bertanggung jawab.

Sementara itu, Ahmad Yani, Staf Humas KPU, memaparkan materi yang menghubungkan antara nilai-nilai Pancasila dan pelaksanaan pemilu, termasuk syarat dan tata cara pemilihan, persiapan pemilihan, serta bagaimana menghindari praktik politik uang, hoaks, dan serangan fajar.

Ahmad Yani juga menekankan pentingnya pelaksanaan pemilu yang berintegritas dan bagaimana siswa sebagai warga negara memiliki kewajiban untuk melaporkan jika menemukan kecurangan dalam proses pemilihan melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan siswa tentang sistem demokrasi dan mendorong mereka untuk menjadi pemilih yang kritis, cerdas, dan berintegritas dalam setiap proses pemilihan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Editor : Bali Putra

Baca Juga :   Tips Meninggalkan Motor Saat Mudik agar Tidak Rusak ala Astra Motor Sulawesi Selatan