Tingkatkan Kesadaran Pajak melalui “Pajak Bertutur”, DJP Sulselbartra Sasar Siswa Kepulauan Selayar

103
Bersama KPP Pratama Bulukumba dan KP2KP Benteng, Kanwil DJP Sulselbartra menggelar Pajak bertutur dengan menyasar siswa di Kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu (07/08/2024). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Kantor Wilayah DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Kanwil DJP Sulselbartra) terus membangun kesadaran pajak generasi muda di daerah ini melalui “Pajak Bertutur”. Kali ini, bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bulukumba dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Benteng, Kanwil DJP Sulselbartra menyasar siswa di Kepulauan Selayar dengan menggelar “Pajak Bertutur 2024” di SMAN 9 Selayar, Rabu (07/08/2024).

Dilaksanakan serentak di seluruh unit kerja Direktorat Jenderal Pajak di Indonesia, Pajak Bertutur di SMAN 9 Selayar dihadiri 60 siswa.

Sebagaimana data publikasi 2023, Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan dengan luas 1.357,03 km2 dan memiliki jumlah penduduk 137.071 jiwa. Memiliki fasilitas pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 142 unit sekolah, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 57 unit, Sekolah Menengah Atas (SMA) 11 unit dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 8 unit.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sulselbartra, Sunarko (Kedua dari kanan) yang hadir langsung dalam “Pajak Bertutur 2024” di SMN 9 Selayar. POTO : ISTIMEWA

Data Desember 2023 menyebutkan,  10.686 orang penduduk (7,8%) di kabupaten ini berhasil menamatkan pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi. Secara demografi, proporsi jumlah penduduk menurut tingkat Pendidikan, sebanyak 84.046 orang penduduk bersekolah (61,32%) dan 53.025 orang penduduk tidak bersekolah (38,68%).

Data statistik tersebut memberikan Gambaran, minat untuk sekolah di Kabupaten Kepulauan Selayar masih rendah dibandingkan ketersediaan fasilitas pendidikan yang ada.

“Sementara itu, untuk membangun kesadaran pajak seperti yang diharapkan pemerintah dalam hal ini DJP, sangat diperlukan adanya perhatian terhadap atensi (minat) belajar yang tinggi,” ujar Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sulselbartra, Sunarko yang hadir langsung dalam “Pajak Bertutur 2024” di SMN 9 Selayar.

Dikatakan, salah satu bentuk atensi yang dikembangkan Kanwil DJP Sulselbartra untuk membantu program pemerintah menumbuh kembangkan minat belajar, dengan memberikan motivasi kepada siswa melalui “Pajak Bertutur” untuk membangun wawasan yang baik bagi pendidikannya.

Baca Juga :   Plt Kadis Kominfo Makassar, Ismawaty Nur, Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi Keamanan Digital
“Pajak Bertutur” di SMAN 9 Selayar dihadiri 60 siswa. POTO : ISTIMEWA

“Pajak Bertutur” diharapkan dapat membangun pola pikir dan pola pandang siswa terutama siswa SMA untuk bangkit mewujudkan mimpi menjadi orang sukses dengan belajar di perguruan tinggi yang telah banyak menyediakan fasilitas beasiswa.

Atas hal itulah, kata Sunarko, “Pajak Bertutur 2024” dilaksanakan dengan tema “Lampaui Batas, Bangkit untuk Indonesia Emas”. “Pajak Bertutur” merupakan kegiatan edukasi perpajakan untuk generasi muda sebagai future taxpayer untuk mewujudkan kesadaran pajak sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai semangat bela negara melalui Pajak.

“Karena pajak kita untuk kita, dengan pajak semua dapat manfaat,” ujarnya.

Di masa yang akan datang semua generasi muda ini diharapkan dapat mewujudkan mimpinya berhasil meraih cita-cita yang diinginkan, dan kelak akan muncul profesi yang beragam, serta kesadaran pajak akan tumbuh meningkat menjadi semakin kuat untuk mewujudkan Indonesia Emas.

Editor : Bali Putra