Tingkatkan Kualitas, Universitas Dipa Makassar Laksanakan AMI 2024

58
UNDIPA Makassar kembali menunjukkan komitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan layanan, dengan melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) 2024 melalui Unit Penjaminan Mutu UNDIPA pada 22 - 29 Juli 2024. POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Universitas Dipa (UNDIPA) Makassar kembali menunjukkan komitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan layanan, dengan melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI). Kegiatan ini diselenggarakan Unit Penjaminan Mutu (UPM) UNDIPA, 22 – 29 Juli 2024

Audit melibatkan enam auditor yang berdedikasi tinggi dan bertujuan menilai serta memastikan bahwa setiap unit kerja di universitas menjalankan fungsi dan tugas sesuai standar mutu yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan AMI, mencakup puluhan unit kerja di lingkungan UNDIPA Makassar, mulai rektorat, program studi (prodi) hingga unit-unit layanan administratif.

POTO : ISTIMEWA

“Para auditor yang terlibat merupakan profesional yang telah terlatih dan memiliki kompetensi di bidang Penjaminan Mutu. Mereka bertugas untuk melakukan pemeriksaan berbagai standar yang telah ditetapkan, mulai 24 SN Dikti (8 Pendidikan, 8 Penelitian dan 8 PKM), plus 10 standar tambahan,” ungkap Kepala Unit Penjaminan Mutu, Asran.

Selama periode audit, para auditor melakukan serangkaian pemeriksaan dokumen, observasi langsung serta wawancara dengan staf dan pimpinan unit kerja. Proses ini bertujuan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai penerapan standar mutu dan efektivitas pelaksanaan sistem manajemen di setiap unit kerja.

“Auditor juga memberikan umpan balik yang konstruktif dan berguna bagi perbaikan dan peningkatan kualitas,” tambahnya.

Hasil dari AMI, diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan di lingkungan UNDIPA Makassar. Temuan dari audit, kemudian dirangkum dalam laporan yang akan disampaikan kepada pimpinan universitas. Laporan ini berisi evaluasi terhadap kinerja unit kerja, identifikasi masalah, serta rekomendasi perbaikan yang spesifik dan terukur.

“Rekomendasi yang diberikan para auditor bertujuan membantu unit kerja mengimplementasikan langkah perbaikan yang efektif dan berkelanjutan. Dengan demikian, diharapkan setiap unit kerja dapat meningkatkan kualitas layanan dan operasional, sehingga secara keseluruhan dapat berkontribusi pada pencapaian visi dan misi UNDIPA Makassar,” jelasnya.

Baca Juga :   UNM Rencanakan Kolaborasi Riset dengan Yerussalem University

AMI sendiri, merupakan bagian dari upaya berkelanjutan UNDIPA Makassar untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan dan layanan. Melalui audit ini, UNDIPA menegaskan komitmen selalu mengedepankan kualitas dan berusaha menjadi institusi pendidikan yang unggul.

Partisipasi aktif dari seluruh unit kerja dalam audit ini juga menunjukkan kesadaran dan tanggung jawab bersama dalam menjaga mutu. Dengan kerja sama dan dedikasi dari semua pihak, UNDIPA Makassar yakin dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di Indonesia.

*/Editor : Bali Putra