Petani di Malino Keluhkan Kurang Modal, Pj Gubernur Bahtiar Telepon Bank Sulselbar untuk Salurkan KUR

190
Pj Gubernur Bahtiar, di sela agenda penanaman kentang bersama petani, di Kelurahan Pattapang, Tinggimoncong, Rabu (03/01/2024). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, GOWA – Sejumlah petani kentang dan markisa di Malino, Kabupaten Gowa, mengeluh kekurangan modal kepada Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Keluhan tersebut disampaikan saat berdialog dengan Pj Gubernur Bahtiar, di sela agenda penanaman kentang bersama petani, di Kelurahan Pattapang, Tinggimoncong, Rabu (03/01/2024). Para petani berharap bisa mengakses pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Kami butuh bantuan, karena sangat kekurangan modal. Kalau ada bantuan KUR, akan lebih meringankan  kami. Karena khusus di Dusun Biring Panting, Maret hingga Mei, puncak musim tanam,” ujar seorang petani  dari Kelompok Tani Biring Panting, Nasir.

Mendengar keluhan tersebut, Pj Gubernur Bahtiar langsung menanggapi. Ia menjelaskan, saat ini pemerintah bekerjasama dengan perbankan telah menyiapkan KUR sebesar Rp30 triliun untuk sektor pertanian, peternakan dan perikanan, yang bisa diakses dengan mudah.

Petani kentang dan markisa di Malino, Kabupaten Gowa, mengeluhkan kekurangan modal kepada Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dan berharap mendapatkan bantuan kucuran KUR. POTO : ISTIMEWA

“Berapa modal yang dibutuhkan dalam satu hektare lahan? Karena sekarang ada KUR khusus petani juga. Jadi tidak dikasi uang, tapi pada saat butuh bibit langsung dibayarkan sama bank. Begitu juga pupuk dan obatnya,” jelas Bahtiar.

Bahtiar kemudian langsung menelpon pihak Bank Sulselbar untuk datang melihat dan memberikan KUR kepada petani kentang dan markisa di Tinggimoncong.

“Saya sudah meminta pihak Bank Sulselbar untuk datang dan memberikan KUR dengan potensi yang sangat luar biasa di sini. Ada kentang dan markisa,” jelasnya.

Para petani yang langsung mendapatkan informasi terkait KUR tersebut, menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Bahtiar.

Turut mendampingi Pj Gubernur Sulsel, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gowa. (*)

Baca Juga :   Besok Re-opening, Amaris Hertasning Tawarkan Harga Spesial dan Promo Menarik