Universitas Terbuka Adakan OSMB

Universitas Terbuka (UT) Makassar kembali mengadakan kegiatan OSMB (Orientasi Mahasiswa Baru ), dan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh).

Ini merupakan kegiatan wajib untuk seluruh mahasiswa baru, dengan tujuan memperkenalkan penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ), sehingga mahasiswa dapat siap dan terampil dalam menempuh studi di Universitas Terbuka.

Pada kegiatan EKBM, yang meliputi kegiatan OSMB dan PKBJJ, mahasiswa diajak lebih mengenal Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi jarak jauh, melalui pemutaran video maupun bahan presentasi. Mulai dari sejarah pendirian UT, struktur organisasi, dan profil pimpinan di UT Pusat maupun di UPBJJ, sistem penjaminan kualitas, sistem registrasi, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar, serta profil mahasiswa dan lulusan.

Sedangkan untuk kegiatan PKBM mahasiswa, dilatih keterampilan mengelola waktu, membaca efektif, merekam hasil baca, kiat mengerjakan tugas tutorial, mempersiapkan UAS, dan keterampilan mengakses layanan UT secara online. Pada hari terakhir diadakan prakter tutorial online.

Dalam OSMB, sebagai ajang untuk mengenalkan kampus yang berlokasi jalan Monginsidi Baru ini, seperti yang terpantau ada sekitar 150 mahasiswa yang mengikuti OSMB UT, Sabtu(09/03).

Direktur UT Makassar, Andi Sylvana M.Si mengatakan, UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka.“Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak selamanya dilakukan secara tatap muka. Sedangkan untuk makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat),” kata Anna, panggilan akrabnya.

Lanjutnya, OSMB di UT berbeda dibandingkan dengan kampus lain. “Kita di UT memang tidak memberlakukan ospek, seperti yang ada di kampus lain. Kami hanya mengadakan OSMB untuk mahasiswa baru, pemberian materi seputar UT. Mulai dari sistem belajarnya, cara belajar, dan sistem pembelajaran. OSMB kami lakukan selayaknya seperti orang terdidik, yang memberikan pendidikan untuk mahasiswa,” jelasnya.

Pemberian materi pengenalan lingkungan, kata Anna, akan lebih penting buat Mahasiswa UT. “Memang untuk mahasiswa di UT sendiri, bukan hanya mahasiswa yang baru lulus sekolah saja. Tapi rata-rata yang kuliah di UT adalah mereka yang ingin melanjutkan studi dan yang sudah bekerja. Mulai dari PNS, Polri, TNI, karyawan swasta. Bahkan tak sedikit yang kuliah di UT, mereka yang memiliki pangkat, dan telah menjadi artis tanah air,” terangnya.

Sekedar diketahui, untuk mahasiswa yang mengikuti OSMB kali ini dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Program Pascasarjana (PPS).

Komang Ayu