Kadiskop dan UKM Provinsi Sulsel, Mensupport Training Of Mentors For Sme Eksport

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Pelaku UKM Orientasi eksport diberi  pembekalan, berupa Taining  of Mentors  AMEN Indonesia, dalam rangka Exspor dan Internasionalisasi UKM. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 11 – 12  Maret 2019 di Hotel Melia Makassar.

Peserta Training  berjumlah 50 Orang, terdiri dari enterprenuers, pembina UKM, dosen, pengelola PKBL/CSR, konsultan/pendamping UMKM, komunitas UMKM, yang telah mendaftar melalui flatform LUNAS (Layanan UMKM Naik Kelas) yang dikelola ABDSI, dengan pendekatan AMEN atau ASEAN Menthorship for Enterprenuers Network Indonesia.

Kepada Dinas Koperasi & UKM Provinsi. Sulsel H Abd Malik Faisal, berharap, pelaku UMKM yang telah orientasi eksport, membangun jejaring yang kuat kepada negara-negara ASEAN khususnya, serta Korea dan Australia. Pemerintah diharapkan memberikan kemudahan kepada UKM yang baru melakukan eksport.

“Para Pelaku UKM beroriontasi eksport, harus belajar berkomunikasi dengan bahasa,  dimana negara tujuan produknya. Bangun komunikasi yang efektif  dengan buyers, untuk itu  peran  pendamping dan konsultan eksport harus cekatan dalam mengelola networking, memahami keinginan pasar global, mengelola permasalahan UMKM,  setelah mengikuti sebuah event Promosi. ” tuturnya

Komang Ayu