Bandara Sultan Hasanuddin Akan Gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akan menyelenggarakan kegiatan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) yang ke-102 (PKD 102), Rabu, (13/3/3019) besok.

Latian PKD 102 ini bertujuan untuk melatlh dan menguji kemampuan para personil bandara, apablla terladi keadaan darurat di bandara. Selain menguji kemampuan para personil, koordlnasl dan komunikasi juga diuji, sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara, Dokumen Keamanan Bandar Udara, dan Standar Operating Procedure (SOP) yang berlaku.

Latihan PKD 102 ini terdiri dari 3 latihan yang mencakup Aviation Security Exercise (Latihan Penanganan Ancaman Keamanan Bandara) yang berlokasi di area Dropzone Bandara, Fire Building Exercise (latihan penanganan kebakaran gedung) yang berlokasi di Hotel Ibis Bandara dan Aircraft Accident Exercise (latihan penanganan kecelakaan pesawat) yang berlokasi di area sisi udara runway 21.

Tiga latihan tersebut akan dilaksanakan selama 1 hari, mulai pukul 15.00 – 23.00 WITA. Tantangan pada latihan kali ini, waktu pelaksanaan diambil pada malam hari. Latihan akan dimulal dengan Apel Pembukaan Kegiatan PKD 102, dipimpin Wendo Asrul Rose selaku Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero).

Latihan ini melibatkan pihak personel internal maupun eksternal, yang terdiri dari Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee dari PT Angkasa Pura l (Persero), TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin, Perum LPPNPI, Polri, Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Imigrasi Makassar, Kantor Bea Cukal Makassar, maskapai yaitu Sriwijaya Air, serta beberapa rumah sakit di sekitar Bandara Sultan Hasanuddin.

”Operasional bandara akan berjalan normal seperti biasa. Bandara Sultan Hasanuddin memiliki 2 runway, jadi masih ada 1 runway yang bisa digunakan untuk operasional penerbangan. Kami menghimbau kepada pengguna jasa Bandara, yang akan melalui Bandara Sultan Hasanuddin pada tanggal 13 Maret 2019 pada Jam-jam tersebut, agar tidak panik, dan turut mensukseskan Latihan PKD ini,” ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Nur Rachmat