Wali Kota Makassar Tanda Tangani LOI dengan Pemerintah Kota Gold Coast Australia

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto melakukan penandatanganan Letter of Intent dengan Pemerintah Kota Gold Coast, Australia terkait kerja sama Sister City. Penandatanganan tersebut dilakukan di Kediaman Pribadi Wali Kota, Jalan Amirullah, Senin (4/3/2019).

Danny mengatakan, melalui kerja sama Sister City yang dibangun dengan salah satu kota yang berada di negara bagian Queensland, Australia tersebut makin mengukuhkan Makassar sebagai kota dunia.

Pasalnya, menurut Danny, selama ini Gold Coast diketahui hanya menjalin kerja sama Sister City dengan ibu kota negara.

“Gold Coast itu menjalin Sister City dengan Taipei dan Dubai yang merupakan ibu Kota Negara. Tapi Makassar bukan ibu kota negara dan mereka mau menjadikan Sister City. Itu kebanggaan tersendiri,” kata Danny.

Danny menjelaskan, kerja sama Kota Makassar dengan Gold Coast nantinya akan memcakup empat bidang. Yakni, pariwisata, pengembangan sumber daya manusia, pengelolaan limbah dan UMKM.

“Saya juga ingin belajar soal pengelolaan pantai karena Gold Coast mendapatkan penghasilan yang luar biasa dari pantai. Salah satu pantai terbaik di dunia, ada di sana,” terangnya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian dan Kerja Sama Pemkot Makassar, Najiran Syamsuddin mengatakan, peresmian kerja sama ini nantinya akan dimuat dalam nota kesepahaman. Namun sebelum itu, harus melalui surat penyampaian dari DPRD Kota Makassar.

“Ini sebenarnya sudah deal. Kemarin untuk LOI saja kita mendapat persetujuan dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri tapi kita harus memenuhi amanah UU,” tukasnya.

Untuk diketahui, Sister City merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antar penduduk.

Syamsi Nur Fadhila