Wagub Sulsel Apresiasi Rencana Kerjasama Tenaga Kerja Dengan Malaysia

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Konsulat Jenderal RI di Kuching, Serawak, Yonny Tri Prayitno terkait kerja sama Pemprov Sulsel dan Malaysia perihal tenaga kerja, Senin (4/3/2019).

Pertemuan yang digelar di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel tersebut juga turut dihadiri oleh Konsulat Bagian Ketenagakerjaan dan Perwakilan dari Kadin Malaysia Serawak yang disebut SBF atau Serawak Business Federation.

Andi Sudirman mengapresiasi rencana penyelenggaraan Indonesia Employment Business Meeting yang akan dilaksanakan di Makassar pada tanggal 25 sampai 29 Maret 2019 mendatang.

Ia memastikan kerjasama tersebut akan terwujud dalam pagelaran Job Fair yang nantinya akan digelar di Kota Makassar. “Itu ada Job Fair disini, itu sudah disampaikan dan semua jenis job-jobnya dan kriterianya nanti akan dikasih liat ke kita,” ujar Andi Sudirman.

Berdasarkan penuturan Yonny, saat ini Serawak membutuhkan sekitar 30 ribu tenaga kerja di sektor perkebunan dan sekitar 5 ribu untuk sektor manufactur,  serta 5 ribu orang untuk sektor konstruksi.

Olehnya itu, Andi Sudirman mengatakan akan membahas teknis pelaksanaan Job Fair tersebut lebih lanjut, apalagi dengan melihat jumlah peluang tenaga kerja yang dibutuhkan di Malaysia cukup banyak.

“Nanti akan dikasih lihat ke kita, yang mana-mana saja dibutukan. Inilah Job Fair akan dibahas dengan lanjut,” terangnya.

Sementara itu, Yonny menambahkan, Kota Makassar merupakan kota pertama pelaksanaan Indonesia Employment Business Meeting dan jika memberi dampak yang bagus, akan dilanjutkan ke kota-kota lainnya.

“Tapi sebagai pilot project, kita laksanakan di Makassar. Karena selama ini Makassar sudah dikenal di Malaysia sebagai salah satu sumber tenaga kerja yang sangat dibutuhkan oleh Malaysia,” pungkas Yonny.

Syamsi Nur Fadhila