Pemerintah Malaysia Garap Kerja Sama Tenaga Kerja Dengan Pemprov Sulsel

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali akan menggarap kerja sama dengan Pemerintah Malaysia perihal tenaga kerja.

Konsulat Jenderal RI di Kuching, Serawak, Yonny Tri Prayitno menemui Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Senin (4/3/2019), guna melakukan koordinasi terkait persiapan kegiatan Indonesia Employment Business Meeting, yang akan dilaksanakan di Makassar pada 25 sampai 29 Maret 2019 mendatang.

“Kegiatan ini adalah sebagai media untuk mempertemukan pengusaha-pengusaha Serawak dengan PPTKIS, (Penyuplai Tenaga Kerja Indonesia) yang berminat bekerja di Malaysia,” ujar Yonny.

Selain itu, Yonny melanjutkan, pihak Serawak juga akan menggelar job fair di Makassar, yang memungkinkan bagi para jobseeker untuk menemukan peluang kerja di Malaysia.

“Selain ada Employment Business Meeting, kita juga akan mengadakan job fair. Artinya pihak Serawak akan melakukan pameran di Makassar, untuk memberikan sedikit gambaran mengenai profil industri mereka dan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang mungkin terbuka peluang untuk bekerja di Malaysia,” paparnya.

Saat ini, Negara berjuluk Negeri Jiran tersebut, memang dinilai berada pada pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat, namun terhambat pada kuantitas tenaga kerja.

“Oleh karena itu, Indonesia sebagai negara yang dianggap serumpun, lebih mudah untuk berkomunikasi, bekerjasama, merupakan salah satu supply tenaga kerja yang sangat penting bagi Malaysia,” pungkas Yonny.

Adapun delegasi yang juga turut hadir pada pertemuan tersebut, yakni  Konsulat Bagian Ketenagakerjaan dan Perwakilan dari Kadin Malaysia Serawak yang disebut SBF atau Serawak Business Federation.

Syamsi Nur Fadhila