Apresiasi Pelaksanaan Forum Pariwisata, Wagub Sulsel Ingin Manfaatkan Peluang Pengembangan Pariwisata

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Terlaksananya Forum Pariwisata Australia dan Indonesia Timur di Kota Makassar diapresiasi oleh Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Andi Sudirman mengungkapkan apresiasinya tersebut saat menghadiri Official Opening and Presentations on Australia-Eastern Indonesia Tourism Forum yang berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Senin (4/3/2019).

Dalam sambutannya, Andi Sudirman mengatakan kawasan Indonesia Timur, khususnya Sulsel sendiri memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan. Diharapkan, dari kegiatan ini akan tercipta peluang untuk pengembangan pariwisata di seluruh provinsi yang ada di kawasan Timur Indonesia.

“Secara umum, pengembangan destinasi wisata di Sulawesi Selatan masih terhambat oleh empat elemen mendasar, aksesibilitas, daya tarik, keramahtamahan, dan layanan. Ini adalah masalah yang ingin kami selesaikan dan merupakan subjek yang ingin kami tangani sebagai potensi bagi Pemerintah Sulawesi Selatan dan Australia untuk bekerja sama,” terangnya.

Mengingat posisi Sulsel pernah. menempati urutan kedua destinasi wisata terbesar di Indonesia, Ia berharap dengan adanya forum ini, akan mengangkat kembali potensi pariwisata Sulsel, seperti Toraja dan Bira.

“Mereka katanya sudah ke Bira, hanya ada issue akses jalan. Jadi, itulah yang kita ingin perbaiki. Dan Alhamdulillah kita sudah programkan perbaikan akses jalan, dan mereka juga sudah ada penambahan pengembangan dari pusat untuk Selayar,” jelasnya.

Sementara itu Richard, Consultant Australia mengaku akan mengembangkan pariwisata dengan bersinergi bersama pemerintah setempat baik daerah, kota maupun provinsi.

Ia juga menyebutkan, Provinsi Sulawesi Selatan telah populer sebagai salah satu tujuan wisata paling banyak dikunjungi di Indonesia di luar Jawa dan Bali.

Syamsi Nur Fadhila