Sebulan Pasca Lelang, Calon Sekprov Sulsel Definitif Belum Ditetapkan

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Genap sebulan pasca pelaksanaan lelang jabatan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan, Pemprov Sulsel belum juga mengumumkan satu nama yang secara resmi akan menduduki jabatan inti tersebut.

Kepada awak media, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pemerintah pusat belum menetapkan satu dari tiga nama yang diajukan oleh Pemprov Sulsel.

“Belum ada, yang saya dengar terakhir masih di pusat. Masih menunggu info kita, belum ada info saya dapat,” Kata Andi Sudirman, Senin (25/2/2019).

Ia menjelaskan, untuk menetapkan pejabat yang akan menduduki jabatan Sekprov, memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pasalnya, pemerintah pusat memiliki pemeriksaan sendiri untuk masing-masing kandidat.

“Ya kan prosesnya kan di sana, mungkin harus di cek dulu, ke BIN (Badan Intelijen Nasional) dan segala macam. Itu kan melibatkan semua,” terangnya.

Selain itu, calon Sekprov juga akan melalui prosedur rekam jejak yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sehingga pemprov Sulsel hingga kini masih belum mengetahui siapa nama yang ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk menjabat Sekprov definitif.

“Kita tidak tahu, namanya pusatlah, kita tidak kasih targetlah. Saya rasa dengan PJ Sekda ini masih bagus, transisi Insya Allah tidak masalah,” kunci Andi Sudirman.

Diketahui, satu bulan lalu, pemerintah provinsi Sulawesi Selatan telah menyerahkan tiga nama calon kandidat kuat Sekretaris Provinsi Sulsel kepada Kementerian Dalam Negeri, namun hingga kini, belum ada keputusan yang diterima oleh Pemprov dari pemerintah pusat.

Syamsi Nur Fadhila