Gelar Forum Prengkat Daerah, BPBD Perkuat Koordinasi dengan Pemerintah dan Masyarakat

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menggelar Forum Perangkat Daerah Tahun 2019 di Empress Hotel Makassar, Jalan Botolempangan, Senin (25/2/2019).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Andi Azis Hasan mengatakan, bencana yang melanda Kota Makassar dan sekitarnya beberapa waktu lalu, menguji ketahanan dan ketangguhan seluruh stakeholder yang ada di Kota Makassar, baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat.

Menurutnya, secara institusional tugas dan tanggung jawab penanggulangan bencana ada pada BPBD selaku garda terdepan, namun BPBD juga perlu dukungan dari stakeholders terkait serta masyarakat.

“BPBD bersama stakeholders atau SKPD terkait dan masyarakat memiliki peran yang cukup besar dalam penanggulangan bencana di Kota Makassar. Perlu sinergitas antara pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Olehnya itu, lanjut Azis, melalui forum ini perlu disusun model perencanaan penanggulangan bencana yang melibatkan berbagai elemen.

“Ini akan memberikan masukan dan informasi kepada BPBD untuk lebih menyempurnakan kegiatannya sehingga sinergitas penanggulangan bencana bisa terjalin dengan efektif dan efesien” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pelaksana BPBD Taufiek Rachman mengatakan, forum ini sangat penting dalam menyusun strategi dan koordinasi kedepan bersama unsur pemerintahan lainnya, termasuk kecamatan, kelurahan hingga LPM terkait program yang akan dilakukan BPBD nantinya.

“Program kegiatan yang dirumuskan diharapkan dapat menghasilkan rumusan program yang sesuai, sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan dapat tepat sasaran” katanya.

Untuk tahun 2020, program prioritas yang dirumuskan oleh BPBD adalah penyiapan dan penyebaran informasi kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Program kelurahan tangguh, sekolah aman bencana serta inisiasi shelter aman di wilayah rawan bencana yang dirumuskan untuk tahun 2020” katanya.

Dia berharap, sinergitas pelaksanaan program dan kegiatan antar SKPD bisa dioptimalkan dalam pencapaian sasaran penanggulangan bencana di Kota Makassar.

Syamsi Nur Fadhila