Terima Kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat, Dinkes Harap Makassar Raih Penghargaan Wistara

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan Kota Makassar menerima kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan, di Ruang Sipakale’bi Gedung Balaikota Makassar, ┬áJumat (22/2/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, tahun ini adalah kali ketujuh Kota Makassar mengikuti verifikasi penghargaan Kota Sehat atau Swasti Saba.

“Kita kan sudah dapat yang pertama Padapa 2006/2007, sudah itu di tahun 2009 dapat lagi penghargaan Wiwerda. Yang sekarang ini kita ikut Wistara untuk yang kelima kalinya,” kata Naisyah.

Naisyah menyebutkan, meski ini adalah penghargaan untuk Kota Sehat, namun tak hanya melibatkan Dinas Kesehatan saja melainkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Kota Makassar.

“Jadi ada beberapa indikator penilaian, Inikan tatanan bukan bidang kesehatan saja. Semua SKPD terlibat. Seperti pariwisata sehat, perhubungan dan lalu lintas sehat, perkantoran sehat, kehidupan sosial yang sehat. Yang dinilai itu payung-payung hukum bahwa itu (aturan) sudah terbentuk semua,” jelasnya.

Naisyah pun berharap tahun ini Kota Makassar akan kembali menyabet penghargaan tersebut.

“Doakan ya, Insya Allah. Karena ini sebenarnya bukan usaha kami tapi usaha penilaian langsung ke masyarakat karena mereka kan akan melihat langsung di masyarakat. Jadi apa yg didapat itu adalah hasil dari kerja-kerja masyarakat,” kunci Naisyah.

Syamsi Nur Fadhila