Motor Matic Berisik? Ini Komponen Yang Perlu Dicek

BISNISSULAWESI, MAKASSAR —  Motor matic atau skutik, menggunkan CVT sebagai alat penggerak dari mesinnya yang bertransmisi otomatis. Biasanya masalah yang sering timbul pada motor matic atau skutik adalah adanya bunyi berisik atau kretek-kretek pada area CVT.

Jika sudah seperti itu, sempatkan deh untuk mengecek kondisinya, karena CVT itu sangat vital banget. Jika terjadi kesalahan, bisa menyebabkan motor tidak mau jalan. Penyebab bunyi pada area CVT sendiri cukup banyak dan tidak bisa langsung di tebak asal bunyi nya.
Biasanya suara berisik di CVT muncul karena karet V-belt haus, roller peyang, grease CVT kering, atau bisa juga karena CVT kotor. Harus dicek satu per satu untuk mencari biang keroknya.

Penyebab komponen-komponen tersebut bermasalah, dan akhirnya menimbulkan bunyi kerap berasal dari perilaku penggunanya. Contohnyam, seperti enggan menekan rem, dan memilih memanfaatkan putaran mesin saat harus berhenti di jalan yang menanjak.
Tahap pemeriksaan yang dianjurkan diawali dengan mengecek kondisi roller, apakah masih mulus atau tidak. Lalu dilanjutkan dengan memeriksa kondisi V-belt, dengan cara diballik dan diperiksa tiap lekukannya satu-persatu.

Jika roller dan V-belt masih bagus, maka pemeriksaan bisa dialihkan ke grease atau gemuk yangmenjadi pelumas area CVT. Gemuk yang kering akibat panas juga bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi. Kalau ternyata grease-nya kering, jangan asal menambah agrease, harus yang khusus untuk CVT.
Sumber: internet