Kemenlu RI Siap Gelar Diplomacy Festival di Makassar

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Kementerian Luar Negeri RI kembali akan menyelenggarakan Diplomacy Festival atau Diplofest untuk yang kelima kalinya di Kota Makassar setelah sebelumnya diadakan di Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Padang.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (22-23/2/2019) dan dipusatkan di Gedung Celebes Convention Center (CCC).

Direktur Informasi dan Media Kemenlu RI,  Listiana Operananta mengatakan, dipilihnya Makassar sebagai salah satu kota penyelenggara Diplofest karena Makassar dianggap sebagai pusat Kawasan Timur Indonesia.

“Makassar dipilih karena menjadi pusat bertemunya berbagai budaya dan mahasiswa dari Indonesia Timur. Mereka ini perlu tambahan pengetahuan dan engagement dari Kemenlu terkait kebijakan politik Indonesia,” kata Listiana dihadapan awak media, Kamis (21/2/2019).

Diplofest diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI untuk dapat mendorong masyarakat khususnya generasi muda, mahasiswa dan pelajar untuk dapat lebih memahami dan menjadi bagian dari Diplomasi Indonesia. Karena Diplomasi Indonesia adalah milik Bersama.

Azis Nurwahyudi, Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI menambahkan, Diplofest ini akan menjadi sarana bagi Kemenlu untuk dapat mengikutsertakan mahasiswa dalam pengambilan keputusan terkait politik luar negeri Indonesia.

“Selain itu juga untuk menambah pengetahuan mereka jika ingin menjadi diplomat nantinya,” pungkas Azis.

Kegiatan Diplofest sendiri nantinya akan terbagi menjadi dua kegiatan yaitu Public Lecture dan Festival Diplomasi.

Syamsi Nur Fadhila