Diplofest Kemenlu akan Digelar di Makassar, Ini Rincian Kegiatannya

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR — Diplomacy festival yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI di Makassar akan digelar selama dua hari, Jumat-Sabtu (22-23/2/2019).

Direktur Informasi dan Media Kemenlu RI,  Listiana Operananta menjabarkan, kegiatan Diplofest akan terbagi menjadi dua kegiatan yaitu Public Lecture dan Festival Diplomasi.

Public Lecture akan menjadi sarana bagi pelajar dan mahasiswa Sulsel khususnya Makassar untuk berdiskusi langsung dengan pelaku diplomasi Indonesia termasuk dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

Public Lecture akan dilaksanakan bersama para pejabat Kemenlu pada Jumat (22/2/2019) di Lima Universitas yaitu: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Islam Makassar, Universitas Kristen Indonesia Paulus, dan Universitas Fajar.

“Pejabat Eselon I Kemlu akan talkshow di 5 universitas. Temanya berbeda-beda tergantung kekuatan masing-masing universitas,” kata Listiana, Kamis (21/2/2019) saat ditemui di Gedung Balaikota Makassar.

Sementara itu, Festival Diplomasi akan diselenggarakan pada hari Sabtu (23/2/2019) mulai jam 12.00 siang di Celebes Convention Center.

Dalam festival ini, lanjut Listiana, para pengujung bisa menyelami diplomasi Indonesia secara langsung.

“Mereka dapat terjun merasakan mewakii Indonesia berkontribusi untuk 0perdamaian dunia dalam sidang Dewan Keamanan PBB, bernegosiasi dengan wakil negara lain dalam sidang bilateral, berlatih berbicara di depan publik, simulasi TOEFL IELTS dan banyak lagi,” paparnya.

Festival Diplomasi ini juga menghadirkan area Edu Fairs, dimana pelajar dapat mengujungi berbagai booth dari
berbagai program beasiswa termasuk LPDP dan Jepang, Australia dan Korea Selatan, belajar mengenai bagaimana menjadi Diplomat, hingga lowongan kerja di Organisasi Internasional seperti PBB.

Menutup acara Diplofest, berbagai penyanyi berbakat tanah air akan tampil menghibur para pengunjung. Seperti Endah N Resha, Vidi Aldiano dan GAC.

Pendaftaran untuk mengikuti kegiata  Public Lecture dan Diplofest sendiri telah dibuka sejak tanggal 15 Februari 2019.

“Tata cara pendaftarannya dapat dilihat melalui Instagram dan twitter Kemlu RI di @Kemlu_RI serta di akunYoutube Kemlu TV,” jelas Listiana. / Syamsi Nur Fadhila