Peringatan Bulan K3, Rektor UNM Ingin K3 Menjadi Budaya Hidup

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (unm) meraih penghargaan atas Kinerja Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3), dalam puncak peringatan Bulan K3 tingkat provinsi Sulawesi Selatan di Menara Pinisi UNM Makassar, Rabu (20/2/2019).

Pemberian penghargaan ini serahkan oleh Kadisnakertrans Prov Sulsel Agustinus Appang.

Rektor UNM  Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP. terkait bulan K3 Tingkat Provinsi Sulsel mengatakan, sejauh ini di UNM, mata kuliah K3 diwajibkan pada beberapa prodi tertentu, yang ada kaitannya dengan perusahaan atau industri.

“Harusnya K3 dipahami oleh semua orang. Apalagi mahasiswa, karena berpengaruh terhadap masa depannya,” ujarnya.

Secara khusus, Prof Husain berharap, K3 dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya diterapkan dalam dunia kerja saja, tapi juga agar K3 menjadi budaya yang diterapkan dalam melakukan berbagai hal.

“Kami berharap mereka menjadikan K3 sebagai budaya. Apalagi jika mereka ingin bekerja dibidang produksi, hal tersebut sangat penting bagi dirinya sebagai bekal. K3 itu ibaratnya handphone, jika tidak ada, maka rasanya kurang lengkap,” jelasnya.

Sementara itu, Agustinus Appang mengatakan, dalam peringatan bulan K3 tahun ini, diperlukan adanya peningkatan perilaku, di bidang lingkungan masing-masing, agar bisa mampu bersaing secara global.

“Kita perlu kembangkan sumber daya, dan melalui momen K3 ini juga, kita berharap SDM semakin baik, juga bisa mendatangkan lebih banyak investor ke Sulsel,” jelasnya.

Komang Ayu