Maraunder Sosialisasikan Manfaat Bersepeda ke Millenial

Komunitas Maraunder mensosialisasikan manfaat bersepeda kepada kaum milenial di SMA Negeri 10 Makassar. / Foto: istimewa

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR — Memperingati hari kanker sedunia, 4 Februari lalu, komunitas sepeda Makassar Unbranded Goweser (Maraunder) ikut “Aksi hijau” pada 11 februari 2019, yang di adakan Earth Hour Makassar, dengan menjadi narasumber untuk menyampaikan materi mensosialisasikan gaya hidup sehat dengan bersepeda.

Aksi hijau tersebut bekerjasama dengan komunitas Zero Waste Makassar & The Body Shop, berlokasi di Aula SMA Negeri 10 Makassar. Sebelumnya, Maraunder turut serta juga dalam memperingati hari kanker sedunia, dengan ikut gowes 100 km, dari Makassar – Bantimurung sehari sebelumnya, 10 Februari 2019.

Menurut Budy, salah seorang member, kegiatannya sengaja dilaksanakan di SMA dilaksanakan di SMA Negeri 10 Makassar, agar generasi millenial secara dini  menggunakan sepeda, menjadi sarana transportasi yang aman dan sehat.

Ada beberapa alasan menurutnya, sehingga kita harus bersepeda. Pertama, kondisi Makassar sebagai kota urban padat kendaraan, yang menjadi masalah utama adalah  polusi, dimana  gas emisi karbon monoksida menimbulkan efek global warming.  Tentunya hal tersebut jika dipandang sebelah mata, maka akan berakibat buruk bagi kesehatan dan kondisi psikologis masyarakat, jika tidak ada alternatif sebagai filter.

“Selain itu, kami melihat sebagian pelajar sekarang sudah piawai menggunakan kendaraan bermotor. Namun kenyataannya, sebagian pelajar belum mengantongi surat izin mengemudi. Dan sangat berbahaya terjadi kecelakaan,” tutur Budy, yang juga bekerja sebagai Store Leader di The Body Shop Mal Ratu Indah.

Kegiatan ini di isi dengan beberapa materi tentang manfaat bersepeda, dan juga safety riding, agar sepeda menjadi solusi arternatif dikota urban, khususya pelajar sebagai generasi milenial, diharapkan secara dini menggalakkan pola hidup sehat dengan bersepeda.

Melalui kegiatan ini, komunitas sepeda Maraunder berharap, semoga para pelajar bisa menjadi pelopor tertib lalu lintas, bagi semua pengguna jalan di Kota Makassar. Sekolah ini akan menjadi agen bike to school, menularkan semangat bersepeda, ke sekolah-sekolah lain yang ada di makassar.

Maraunder adalah komunitas sepeda tanpa sekat, yang beranggotakan semua jenis sepeda, dan juga berbagai usia. Komunitas ini mengedepankan kebersamaan dan kesantunan. / Nur Rachmat