MenPAN-RB Serahkan Hasil Sakip Wilayah III di Makassar

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2018 di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Selasa (19/2/2019).

Penyerahan ini merupakan yang ketiga kalinya untuk Wilayah III, setelah sebelumnya dilakukan di Bandung untuk Wilayah I, dan di Banjarmasin untuk Wilayah II.

Menteri Syafruddin mengatakan, hasil SAKIP di tahun 2018 mengalami lonjakan yang cukup signifikan, hingga mampu mengefesiensikan anggaran daerah hingga 65 triliun. Naik sekitar 24 triliun dibandingkan dengan tahun 2017.

“SAKIP 2018 mengalami lonjakan, perbaikan kinerja dan tata kelola pemerintahan di seluruh Indonesia. Kita bisa mengefesiensikan anggaran daerah itu 65,1 triliun di tahun 2018. Tahun 2017 41 triliun,” ujar Menteri Syafruddin.

Sebanyak 162 pemerintah daerah dari 12 provinsi di Wilayah III yang meliputi provinsi D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, menerima LHE AKIP yang diserahkan langsung oleh Menteri Syafruddin.

Sulsel sendiri memperoleh predikat b kecil dalam LHE AKIP tersebut. Meski demikian, Menteri Syafruddin optimis pemprov Sulsel akan mampu mengejar provinsi lain yang memperoleh predikat lebih baik.

“Sulsel diprediksi menyusul Jawa Tengah sebagai juara terbaik, makanya kita adakan di sini. Wagub sudah berkomitmen, punya pengetahuan, makanya saya pilih Makassar sekaligus men-challenge pemerintah baru agar predikatnya A,” ujarnya.

“Kita akan asistensi semuanya. Jadi yang sudah berhasil mengasistensi provinsi yang belum dapat predikat A, mereka jadi mentor,” pungkas Menteri Syafruddin.

Syamsi Nur Fadhila