Tindak Lanjuti Kerjasama Rehabilitasi Lahan, Wagub Sulsel: Draft Sudah di Biro Hukum

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Pasca pertemuan dengan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku telah melakukan tindak lanjut terkait rehabilitasi lahan pasca banjir bandang yang melanda Sulsel beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Wagub Sudirman meminta pembentukan tim Satgas Revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang khusus melakukan penanggulangan dan survei terhadap penanganan bencana banjir yang melanda beberapa daerah di Sulsel pada Januari lalu.

Saat ini Wagub Sudirman mengaku, draft hasil survei oleh tim Satgas yang dibentuk telah berada di biro hukum untuk dipelajari.

“Kita sudah buatkan konsep draft, sekarang masih di biro hukum, dipelajari dulu, karena disana ada poin-poin penting saat melibatkan institusi. Tentu biro hukum akan melihat dulu. Pada dasarnya kita telah membuatkan draft,” jelasnya, Senin (18/2/2019).

Terkait langkah rehabilitasi lanjutan, Andi Sudirman mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu arahan dari pusat.

“Ini sudah jalan, kita kasi kesempatan mereka untuk paling tidak sambil jalan itu, jalan juga di pusat. Kita juga menunggu arahan dari pusat tapi paling tidak kita sudah jalan juga di bawah. Draftnya sudah masuk di biro hukum,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala BNPB Doni Monardo mengungkapkan, tim satgas yang diketuai langsung oleh Gubernur sulsel, Nurdin Abdullah, akan melakukan survei dan penanganan langsung terhadap persoalan alih fungsi lahan dan tambang galian yang menjadi penyumbang terbesar banjir di Sulsel.

Syamsi Nur Fadhila