Lantik Bupati Wajo dan Luwu, Nurdin Abdullah Tekankan Pengembangan Komoditas Kakao

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, telah melantik Bupati Wajo dan wakilnya, Amran Mahmud dan Amran, serta Bupati Luwu dan wakilnya, Basmin Mattayang – Syukur Bijak di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (15/2/2019)

Dalam kesempatan tersebut, Nurdin Abdullah meminta kedua pasang bupati untuk memperhatikan perkembangan komoditas kakao yang merupakan komoditas unggulan kedua kabupaten tersebut.

“Kita telah menyandang predikat sebagai skala satu nasional untuk penghasil kakao. Selama ini, kakao menjadi primadona, bahkan Sulsel salah satu penghasil kakao di dunia,” ujar Nurdin.

Namun Nurdin mengakui, salah satu tantangan yang dimiliki oleh kedua daerah tersebut ialah pengadaan benih. Untuk itu, Nurdin mengusulkan Luwu Utara menjadi sentra benih kakao.

“Salah satu persoalan yang kita hadapi adalah soal benih. Saya kira ke depan kita akan mengusulkan ke menteri pertanian untuk menjadikan Sulawesi Selatan sebagai pusat benih coklat dan tentu kita akan menempatkan Luwu Utara ini salah satu sentra produksi coklat,” jelas Nurdin Abdullah.

Selain kakao, mantan Bupati Kabupaten Bantaeng ini juga menekankan biji kopi sebagai komoditas unggulan di Sulsel. Menurutnya, kebutuhan dunia akan kopi semakin meningkat namun produktivitas di Sulsel justru semakin menurun.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama mengembalikan kejayaan komoditas Sulawesi Selatan,” sambungnya.

Syamsi Nur Fadhila