Kurangi Sampah Plastik, Danny Imbau ASN Gunakan Tumbler

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Persoalan lingkungan terkait sampah sepertinya memang tak ada habisnya. Terkhusus sampah plastik dan styrofoam yang menjadi salah satu jenis sampah yang paling banyak diproduksi oleh masyarakat.

Untuk menekan jumlah sampah plastik yang terbuang ke lingkungan, dibutuhkan kesadaran dari tiap individu agar mengurangi pemakaian bahan plastik sekali pakai.

Wali Kota Makassar, Moh.Ramdhan Pomanto, selaku kepala daerah mengimbau agar seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Makassar turut aktif melakukan pengurangan sampah secara efektif dan efisien.

Melalui surat edaran dengan bernomor 660.I/43/s.edar/DLII/II/2019, Danny meminta agar pegawai lingkup Kota Makassar menggunakan tumbler sebagai pengganti botol minum kemasan.

“Kepala SKPD, Dirut Perusahaan Daerah, Camat dan Lurah se-Kota Makassar, mengkoordinir dan memerintahkan pegawai baik itu ASN, maupun tenaga honorer untuk menggunakan botol air minum (Tumbler) di kantor masing-masing,” kata Danny dalam surat edaran tersebut.

Selain itu, para pegawai juga diminta untuk tidak menyediakan konsumsi dengan kemasan bernahan plastik, styrofoam maupun sejenisnya ketika melaksanakan kegiatan rapat maupun sosialisasi.

Diharapkan, melalui langkah sederhana ini, dapat mengurangi jumlah sampah plastik yang terbuang ke lingkungan.

Syamsi Nur Fadhila