Cegah Penyebaran Penyakit DBD, Camat Mariso Imbau Warga Jaga Kebersihan

Camat Mariso, Juliaman, menegaskan kepada warganya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Meningkatnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di musim penghujan membuat Camat Mariso, Juliaman menegaskan kepada warganya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi penyebaran dan perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi penyebab penyakit DBD.

“Masyarakat kita masih banyak yang kurang memahami arti kebersihan. Sering kali ditemukan botol kemasan dan gelas minuman kemasan yang menjadi sarang nyamuk,” ungkap Juliaman, Senin (12/2/2019).

Untuk itu, Camat Juliaman rutin mengagendakan kerja bakti bersama warga setiap akhir pekan.

“Kami dari Kecamatan Mariso, bersama warga senantiasa melakukan kerja bakti di hari Jumat, Sabtu dan Minggu,” terangnya.

Selain itu, Kecamatan Mariso juga membentuk satuan tugas (satgas) yang bertugas melakukan penjemputan sampah.

“Juga dibentuk satgas swakelola sebanyak 6 orang dan 38 satgas lain untuk mem-back up satgas swakelola di masing-masing kelurahan, untuk melakukan penyisiran dan penjemputan sampah di wilayah RT RW,” jelas Camat Juliaman.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, lanjut Camat Juliaman, fogging juga telah dilakukan di wilayah Kecamatan Mariso yang berguna untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa.

“Beberapa waktu lalu fogging massal juga sudah dilakukan di beberapa wilayah untuk mengantisipasi nyamuk DBD,” pungkasnya.

Syamsi Nur Fadhila