IMLEK, KUMPUL BERSAMA KELUARGA DIMANA?

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR — Dalam budaya masyarakat Tionghoa, saat Imlek dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga. Makanya di rumah seorang sepuh, biasanya ramai berdatangan sanak keluarganya, baik dari dalam maupun luar kota.

Makanta Imlek menjadi suatu hal yang sangat penting buat masyarakat etnis Tionghoa. Saat berkumpul itu lah mereka makan-makan bersama, juga ada kegiatan bagi-bagi angpao. Dalam pembagian angpao ini, mereka tidak melihat berapa nominal pemberian, namun lebih melihat kepada kebersamaan keluarga, bisa berbagi baik dalam kekurangan maupun dalam kelebihannya.

Di Makassar, saat perayaan Imlek, cukup banyak hotel yang menyediakan tempat untuk berkumpul bersama keluarga, dengan berbagai macam promo menarik. Ini menjadi destinasi tersendiri, yang dikunjungi oleh masyarakat etnis Tionghoa, berlibur bersama keluarga.

Seperti Hotel Four Points by Sheraton Makassar, yang mengeluarkan promo khusus dengan bermacam-macam varian, hanya di perayaan tahun baru Imlek. Golden Asian Restaurant menyiapkan paket yang dimulai dari harga Rp 2,6 juta untuk sepuluh orang, menghadirkan hiburan live Chinese music, serta pertunjukan atau atraksi Barongsai yang selalu dinantikan.

Tidak kalah menarik, menurut General Manager I Gede Sujana, tamu dapat merasakan kenyamanan hunian kamar dengan promo Rp 609 ribu per-malam, selama periode 1 hingga 9 Februari 2019. “Di Golden Asian, para tamu akan mendapatkan gratis kue ikan Koi,” tambahnya.

Di Karebosi Condotel, merayakan Imlek, ditawarkan paket menginap “Lucky AngPao” untuk tipe Deluxe Room seharga Rp 490.000 nett/malam. Ini berlaku mulai 3 sampai 5 Februari 2019.

Dalam promo tersebut, selain mendapat benefit berupa breakfast dan berenang di Infinity Pool untuk 2 orang, tamu juga bisa memilih atau mencabut hadiah di pohon angpao. “Bila beruntung, tamu bisa mendapatkan hadiah menarik berupa voucher kamar, voucher renang, voucher Romantic Februari, voucher makan dan voucher sky buffet atau tea break,” jelas Faisal Nur, Direktur Karebosi Condotel.

Sebagai salah satu restoran oriental yang sudah cukup terkenal di Kota Makassar, Sunachi Harbour yang berada di Mall Pipo Makassar, menghadirkan salah satu ikon kuliner Imlek, Yu Shang.

“Makanan ini berupa salad yang berisi berbagai macam jenis sayuran, dengan irisan sangat halus. Beberapa jenis sayur yang menjadi bahan pembuat makanan ini antara lain; lobak, wortel dan timun, kemudian dicampurkan ikan tudan atau salmon mentah yang masih sangat segar. Ikan yang dicampurkan sebelumnya sudah direndam dalam minyak wijen dan minyak goreng, serta diberi tambahan saus dari buah plum, gula pasir serta kayu manis,” jelas Shifu Chong, Head Chef Sunachi Harbour.

Sajian Yu Shang dapat dinikmati di Sunachi Harbour,  mulai 1 hingga 19 Februari, dengan harga Rp 468.000++ untuk 1 porsi, yang dapat dinikmati oleh 10 orang, dan Rp 238.000++ untuk setengah porsi yang dapat dinikmati oleh 5 orang.

Menyambut tahun baru Imlek, Golden Tulip Essential Makassar Hotel lebih memilih untuk memberikan promo kamar, hanya dengan harga Rp 399ribu/nett/room. Ini berlaku untuk periode menginap 1 – 10 Februari.           Harga itu sudah termasuk kamar deluxe, free wifi, welcome drink, dan akses ke swimming pool, serta fitness center. Juga ada voucher diskon 50% breakfast.

Untuk makan malam, ditawarkan promo “Buffet Dinner & Live Music” khusus di 4 Februari 2019, mulai pukul 06.30 WITA malam. Tamu cukup membayar Rp 99ribu/nett/pax, bisa menikmatinya. / Nur Rachmat