Danny Tertarik dengan Tehknologi Pengelolaan Sampah Organik dari Italia

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menerima kunjungan Businees Developer Asia Project Engineer Ing Simone Amicabile, bersama Direktur Komersil PT Sitensido Erwin Kasim, di kediamannya Jalan Amirullah. / Foto: Humas Pemkot Makassar

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto sangat tertarik dengan Zuccato Energia, tenaga energi listrik dari pengelolan sampah kering.

Hal itu dikatakan saat menerima kunjungan Businees Developer Asia Project Engineer Ing Simone Amicabile, bersama Direktur Komersil PT Sitensido Erwin Kasim, di kediamannya Jalan Amirullah, Sabtu (19/1).

“Sebagai contoh untuk dicoba, jika baik dibeli nanti. Karena sangat bagus untuk meningkatkan daya energi listrik pemilahan sampah plastik dan ranting kayu,”ungkapnya.

Namun kata Danny, harus dipelajari melalui koordinasi dengan pihak SKPD terkait. Ini sekaligus bagaimana memanfaatkan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Sampah) di Antang, Manggala.

Sementara itu, Direktur, Komersil PT Sitensido, Erwin Kasim mengatakan,  pengelolaan sampah teknologi organik yang panas menjadi listrik bisa terlaksana di Kota Makassar. Ia mengharapkan pemerintah (Kota Makassar) dapat menerima mesin tenaga listrik ini.

“Panasnya dari sampah yang dibakar. Di Eropa sudah dilakukan percontohan. Namun saat ini, kita akan mencoba di Asia yakni Makassar, Indonesia. Sehingga mesin ini diketahui dari Italia sangat tepat diterapkan,”ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut hadir pula, Kadis BLHD Daerah Makassar Rusmayani Madjid, dan Direktur Bank Sampah kota makassar Saharuddin Ridwan. (*)