PELINDO IV SALURKAN BANTUAN 100 JUTA UNTUK KORBAN BANJIR DI MAKASSAR

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp100 juta, untuk korban bencana banjir bandang, yang melanda beberapa kecamatan di wilayah Kota Makassar sejak Selasa malam, 22 Januari 2019.
   
Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan, dari bantuan sebesar Rp100 juta yang diserahkan, Rp 50 juta di antaranya diberikan dalam bentuk selimut, mie instan, susu bayi, susu anak, popok bayi, pembalut wanita, biskuit, beras, alat sholat, telur serta berbagai kebutuhan lain.

Selain itu, BUMN yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan ini, juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 50 juta.

“Untuk bantuan barang, kami (Pelindo IV) juga memberikan kompor, berikut gas ukuran 3 kg dan peralatan untuk memasak. Itu agar para korban bencana yang berada di posko pengungsian, bisa langsung memasak makanan, untuk disantap bersama korban lain,” kata Farid.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Dirut Pelindo IV dan diterima oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, di Kantor Car and Rescue Unit Ujung Tanah.

Farid menuturkan, kali ini Pelindo IV kembali ditunjuk oleh Kementerian BUMN, sebagai koordinator BUMN, untuk mendistribusikan bantuan kepada korban bencana banjir, akibat hujan ekstrem yang terjadi beberapa hari lalu.

“Sebagai wujud kepedulian BUMN, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Bina Lingkungan kepada korban terdampak bencana, terutama di lima wilayah di Sulawesi Selatan, yakni Kota Makassar, Kabupaten Maros, Gowa, Takalar dan Kabupaten Jeneponto.”

Untuk itu lanjutnya, Pelindo IV juga mendirikan “Posko Peduli BUMN Hadir untuk Negeri, Bantuan Kemanusiaan Bencana Banjir Bandang dan Tanah Longsor Sulawesi Selatan” yang terletak di Lobi Lantai I Kantor Pusat Pelindo IV Makassar.

Selain mengumpulkan bantuan dari BUMN lainnya, menurut Farid, pihaknya juga akan menyalurkan bantuan yang terkumpul, untuk diserahkan langsung kepada korban bencana banjir dan tanah longsor, berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing wilayah yang terdampak.

Pihaknya berharap, bantuan yang telah tersalurkan, maupun yang akan didistribusikan nanti, dapat mengurangi beban para korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, pada Kamis sore (24 Januari 2019), Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengunjungi beberapa lokasi yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor di wilayah Kota Makassar.