UNISMUH FOKUS LAHIRKAN BIBIT-BIBIT WIRAUSAHA BARU

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Inkubator Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sejak berdirinya hingga sekarang, tak henti-hentinya melakukan inovasi. Kali ini menggelar Young Entrepreneurs Summit 2019, di kampusnya, 16 – 18 Januari 2019.

Ketua Inkubator Kewirausahaan Unismuh Makassar, Basri Basir, SE, M.Ak mengatakan, kegiatan yang mengangkat tema Young Entrepreniur Lokomotif, Pertumbuhan ekonomi nasional untuk bangsa berdikari” ini diikuti 4 fakultas. Harapannya bisa melahirkan lebih banyak wirausaha muda.

“Kegiatan ini sebagai bagian dari implementasi kurikulum kewirausahaan,  sekaligus dijadikan  ajang kompetisi bisnis antara sesama mahasiswa Unismuh,” ujarnya.

Adapun rangkaian dari kegiatan ini tambahnya, expo produk-produk kewirausahaan mahasiswa, yang merupakan implementasi kurikulum kewirausahaan. Juga ada talkshow kewirausahaan yang menghadirkan pembicara terkait Haki produk kewirausahaan, Direktur Parkways.Id Sulsel dan konsultan brand produk.

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM. menuturkan, pihaknya saat ini sedang menjalankan progra, untuk menciptakan wirausaha baru dari kampus. Ini sangat membantu para mahasiswa, dalam mengembangkan minatnya di bidang usaha.

“Entrepreniurship ini sangat di perlukan. Negara baru dapat dikatakan maju, apabila sudah ada pengusaha minimal 5 persen di dalamnya. Di Indonesia, untuk tahun 2018 jumlahnya baru 3 persen, atau sekitar 7.700 orang. Dengan budaya integrity, profesional dan entrepreniurship, kami yakin bisa membantu menciptakan pengusaha muda yang sukses,” ungkapnya.

Untuk menambah motivasi mahasiswa, pihak kampus memfasilitasi 10 kelompok usaha yang sudah melewati seleksi, untuk diberikan bantuan modal sebesar Rp 10 juta untuk masing-masing kelompok.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Unismuh Makassar dengan LP3M, dimana nanti ada sebuah legalitas pengakuan, produk produk wirausaha ini sah secara administratif, dan diakui sebagai produk kewirausahaan mahasiswa Unismuh Makassar. / Komang Ayu