TREND #10yearschallenge ALA HUMAS IDI MAKASSAR

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Dunia maya kini punya ‘mainan’ baru. Setelah berbagai tantangan atau challenge yang mendebarkan, dan mungkin mengancam nyawa, kini ada challenge baru yang terbilang aman.

Challenge terbaru yang viral adalah #10YearsChallenge. Banyak selebriti, pejabat negara, petinggi organisasi, dan orang umum, yang ikut dalam tantangan ini. Semua orang mengunggah fotonya tentang melakukan tantangan tersebut.
Dalam tantangan ini, mereka hanya perlu membandingkan foto 10 tahun lalu dengan foto

saat ini. Hal ini berarti foto ‘before after’ dari tahun 2009 dengan tahun 2019.
Tantangan ini viral di berbagai platform media sosial, terutama instagram, facebook, twitter. Hanya saja sampai saat ini tak diketahui siapa yang memulai gerakan ini pada awalnya. Namun diduga challenge ini dipicu oleh fitur ‘memories’ di facebook.

Lewat foto dulu dan sekarang yang disusun bersisian ini, ternyata memiliki pesan tertentu. Secara keseluruhan, pesan yang diberikan adalah tentang mencintai diri sendiri, dan menunjukkan kepada dunia kalau Anda makin bersinar seiring pertambahan usia, alias aging gracefully.

Salah satunya yang ikut trend #10YearsChallenge yakni dokter Wahyudi Muchsin, dikenal sehari-hari sebagai Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar. Tapi Ia membuat sesuatu yang anti mainstream, mengunggah foto masa kecilnya berdampingan dengan foto sekarang.

“Saya membuat sesuatu yang sedikit berbeda dengan yang lain. Kilas baliknya lebih jauh ke belakang. Alhasil, banyak teman-teman di media sosial (medsos) yang memberikan komentar. Intinya permainan ini sangat menghibur,” ujar bapak yang dikenal dengan julukan dokter koboy.

Trend #10YearsChallenge dinilai dokter Yudi, sapaan akrabnya, mampu memberikan hiburan bagi masyarakat pengguna medsos. Disaat kita di jejali dengan saling hujat pendukung para pasangan calon (paslon) di medsos, kehadirannya seakan menjadi setetes air di padang pasir, mampu menghilangkan dahaga warganet (pengguna internet) di tengah situasi politik yang memanas.

“Bukan hanya situasi politik, tapi situasi ekonomi yang serba sulit. Dimana saat ini dengan uang Rp 100 ribu, kita sanggup lagi mencukupkan kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Trend #10YearsChallenge mampu membuat kita tertawa, meskipun kondisi lagi susah secara ekonomi,” tuturnya.

Sebenarnya dahulu juga ada trend yang berkembang di medsos, mirip dengan #10YearsChallenge. Yakni, #Maafkanakuyangdulu, orang memposting foto yang dulu dan sekarang yang sudah cantik atau cakep. Ini juga telah mampu mencuri perhatian pengguna medsos. /Nur Rachmat