BIKERS SUBUHAN, MENYEBARKAN SYIAR KEBAIKAN

Komunitas Bikes Subuhan Makassar, beberapa waktu lalu melaksanakan touring shalat subuh berjamaah dengan Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal. / Foto: istimewa

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Jika beberapa komunitas bikers memiliki agenda sebatas touring, berbeda halnya dengan komunitas Bikers Subuhan Makassar (BSM), memiliki agenda berkeliling Masjid untuk menunaikan shalat subuh berjamaah.

Disaat sebagian besar warga Makassar masih terlelap tidur, para member BSM sudah melakukan aksi sosial, bukan hanya di Makassar tapi hingga ke daerah lain di Indonesia. Pada saat kejadian gempa dan tsunami di Palu dan Donggala tahun lalu, menyalurkan bantuan Berupa 200 Air Galon Pakaian dan Mie Instan.

Dengan menunggangi sepeda motor, dimana mayoritas menggunakan sepeda tua, para bikers ini pun melaksanakan misinya, mengajak masyarakat atau komunitas motor yang ada di pinggir jalan, untuk salat subuh berjamaah di Masjid terdekat.

“Meskipun dicueki, kami tetap ajak masyarakat atau pengendara yang kami temui di jalan, untuk menunaikan shalat berjamaah. Jika dilaksanakan, tidak hanya mendapatkan pahala yang didapat, tapi juga silaturahim sesama manusia akan terjalin. Hidup indah bila mencari berkah, Subhanallah,” ujar Rahmat Aul, salah satu member BSM.

Setiap hari para bikers ini memiliki pekerjaan berbeda – beda, makanya aksi baru dilaksanakan bersama saat hari Ahad (Minggu) atau hari libur nasional. Hari Jumat mereka aktif juga melaksanakan kegiatan bersih-bersih Masjid. Di luar itu, setiap harinya mereka tetap menyebarkan syiar shalat berjamaah di Masjid, meskipun dilakukan secara perorangan.

Bikers Subuhan Makassar saat ini beranggotakan sekitar 45 orang. Komunitas BSM saat ini sudah ada hampir di tiap provinsi di Sulsel, seperti di Bone, Wajo, Palopo,  dan kabupaten lainnya. Area reading atau titik kumpul mereka memilih di kolong jembatan fly over, Jalan Urip Sumohardjo Kota Makassar, Sulsel. Para member mulai berkumpul pukul 03.30 wita dini hari, atau sebelum adzan subuh berkumandang.

Menurut Rahmat Aul, menjadi anggota BSM tidak memiliki persyaratan yang menyusahkan. Setiap bikers yang ingin ikut bergabung, cukup menyatakan dirinya siap melakukan shalat berjamaah.

“Yang jelas mau shalat berjamaah, ayo gabung bersama kami. Siapa lagi kalau bukan kita, sesama muslim yang harus dan wajib mengingatkan sesama untuk melaksanakan ibadah,” tuturnya.

“Insya Allah Maret nanti, kami akan buat event subuhan akbar untuk semua komunitas motor. Acara itu sekaligus peringatakan Milad BSM. Jadi diundang untuk datang shalat subuh berjamaah di Masjid, semua komunitas yang ada di kota Makassar,” ajak Rahmat Aul.

Komunitas Bikers Subuhan bukan hanya ada di Kota Makassar, tapi juga di beberapa kota lain di Indonesia. Didirikan oleh Sanirizani di Lampung, 25 Feb 2017 lalu. Di Makassar digagas pertama kali oleh Adhi stone Dg Narang. / Nur Rachmat