MASJID 99 KUBAH MENJADI SPOT SELFIE BARU DI KOTA MAKASSAR

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Meski masih proses pembangunan, Masjid 99 Kubah sudah menjadi buah bibir pengunjung Pantai Losari. Di tengah hiruk pikuk warga yang sedang menikmati liburan di Car Free Day (CFD), beberapa diantaranya terlihat asik ber-selfie ria di masjid yang lokasinya berada di kawasan reklamasi Kawasan Centre Point of Indonesia (CPI).

Keberadaanya seakan menjadi ikon baru bagi Kota Makassar. Cantiknya masjid 99 kubah begitu menakjubkan. Keindahannya makin mempesona, ketika cahaya sunset meneduhkannya. Puluhan kubah bak berbaris simetris, menuju puncak kubah inti yang terbesar. Warna jingga masjid begitu senada dengan warna langit, di kala matahari terbenam.

“Saya senang sekali ke Pantai Losari menikmati sunset maupun sunrise. Apalagi sekarang ada Masjid 99 Kubah yang unik, menjadi objek saya bersama teman-teman untuk berselfie ria,” ujar Indah, salah seorang pengunjung.

Foto tersebut menurutnya, kemudian diposting di akun media social (medsos) nya, baik Facebook, Instagram, dan dijadikan foto profil Whatsapp. Salah satu yang menjadi daya tariknya datang ingin melihat langsung Masjid 99 Kubah, karena didesain oleh sang arsitek ternama tanah air Ridwan Kamil, yang kini menjadi Gubernur Jawa Barat.

“Alhamdulillah, Masjid Raya Provinsi Sulawesi Selatan sudah mendekati rampung. Semoga selesai sesuai jadwal. Salam hangat untuk masyarakat Sulsel dari masyarakat Jawa Barat,” tulis akun @ridwankamil, beberapa waktu lalu.

Masjid yang dibangun atas prakarsa mantan Gubernur Sulsel syahrul Yasin Limpo itu menurut pekerjanya, belum lengkap memiliki 99 kubah. Masih terdapat 17 kubah lagi yang akan dipasang. Selain kubah yang banyak, masjid yang dibangun di lokasi reklamasi Pantai Losari itu, juga akan memiliki menara. Kolam air mancur juga akan menambah kecantikan masjid.

Adapun bagian dalam masjid akan difasilitasi pelataran suci. Konsepnya meniru pelataran di Masjid Al Haram Makkah, supaya dapat menampung banyak orang. Terdapat pula lantai mezzanine di lantai dua, yang dikhususkan untuk jamaah wanita. Diperkirakan, Masjid 99 Kubah akan mampu menampung 10 ribu orang jamaah pria dan seribu jamaah wanita.

Masjid 99 Kubah diprediksi bakal menjadi destinasi unggulan wisata Kota Makassar. Bangunan indah yang menghabiskan anggaran 176 miliar ini, diprediksi akan menjadi 10 masjid terbaik di Indonesia, dan salah satu dari 30 masjid terunik di dunia. Lebih dari itu, Masjid 99 Kubah bahkan akan menjadi icon baru Kota Makassar.

Dalam ulasan Google, local Gide Makassar memberikan tanggapan yang positif. “Ikon wisata baru Makassar,” tulis akun Ibrahim Assawala. “Bagus banget diliat waktu sunset. Masih dalam tahap pengerjaan. Moga aja deh entar dapet kesempatan sholat disana,” komentar akun Andi Azizah.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (PSDA-CKTR) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Darmawan Bintang, menuturkan, saat ini pembangunan Masjid 99 Kubah memang telah mencapai 94 persen. Pihaknya menargetkan pembangunan tersebut akan rampung total tahun ini.

“Sekarang sudah selesaim kecuali mezzanine untuk lantai dua perempuan dan ornamen dinding. Untuk bagian laki-laki sudah (selesai). Soundsistem, plafon, pencahayaan, semuanya sudah selesai,” ujarnya.

Pemasangan dinding, lanjut Andi, memerlukan biaya besar. Alhasil, membutuhkan pengerjaan yang lebih lama. Adapun 17 kubah yang tersisa, masih menunggu anggaran yang saat ini, masih dalam proses audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Selatan.

Meski demikian, Andi yakin pihaknya dapat merampungkan proyek tepat waktu. “Masjid itu, insya Allah, bisa digunakan Bulan Ramadhan 2019,” ujarnya kepada kompas. Semoga Masjid 99 Kubah yang indah ini dapat segera rampung dan menjadi salah satu rumah Allah yang diberkahi. / Nur Rachmat