BISNIS ASURANSI DIYAKINI TUMBUH DUA DIGIT

Manajemen Asuransiku.id salah satu asuransi pertama berbasis online, memberikan penjelasan terkait portal tersebut. / Foto: Masyudi Firmansyah

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakin industri asuransi nasional bakal tumbuh signifikan di tahun 2019. Hal tersebut diutarakan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, yang mengaku optimis aset asuransi nasional dapat meningkat double digit.

Hal ini sejalan dengan kinerja perekonomian nasional, yang diproyeksikan tumbuh 5,3% dengan inflasi relatif rendah di level 3,5%. “Pada sektor keuangan non bank, ada kenaikan. Pertumbuhan aset asuransi jiwa diperkirakan tumbuh sebesar 10-13%,” tambahnya.

Sementara itu, OJK percaya sektor asuransi umum tahun ini juga diperkirakan naik 14-17%. OJK juga memperkirakan aset perusahaan pembiayaan akan tumbuh 9-11% tahun ini.

Aset dana pensiun diperkirakan tumbuh moderat sekitar 7-9%, untuk Dana Pensiun Pemberi Kerja dan untuk Dana Pensiun Lembaga Keuangan 13-16%.

Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi merespon positif hal tersebut. Apalagi menurutnya, capaian asuransi tahun 2018 di Sulsel tumbuh double digit. “Intinya, 2019 semakin tinggi kesadaran masyarakat akan pengelolaan risiko, dan tepat bila asuransi dipergunakan. Kita optimis asuransi di Sulsel tumbuh double digit,” tegasnya. / Komang Ayu