ROTI JOHN, SNACK KEKINIAN YANG WAJIB ANDA COBA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Sudah pernah mencicipi roti john? Jajanan yang tengah naik daun ini pertama kali populer di kota Surabaya.     Jika dilihat dari bentuknya, roti john merupakan roti Baguette lunak dengan isian telur dadar, sayuran, ham, daging cincang, sosis, keju, rempah-rempah, serta campuran saus sambal dan mayonnaise.

Walaupun baru saat ini populer di Indonesia, Roti John ternyata telah lebih dahulu populer di semenanjung Malaysia seperti di negara Malaysia, Singapura, dan Brunei Darrusalam.

Sama seperti makanan lain yang viral di media sosial (medsos), lambat laun mulai banyak bermunculan gerai penjual roti john di Indonesia, termasuk Makassar yang ikut demam makanan kekinian tersebut.

Salah satu gerai roti john yang lagi viral di Kota Makassar yakni Roti John Bang Boed, yang memiliki gerai di Jalan Mallengkeri, merupakan franchise dari Roti John Bang Boed Monginsidi.

Menurut pemiliknya, awe suryani, keunggulan dari roti john miliknya dibandingkan yang lain, roti yang digunakan lebih empuk mirip yang digunakan makanan hotdog. Roti John terdiri atas tiga varian rasa, original, pedas dan manis. Pecinta kuliner bisa memilih roti john pendek atau panjang, tergantung selera.

“Roti john original memiliki topping telur, keju, sayuran, rempah, kornet dan mayonaise. Untuk yang pedas, sambalnya ditambahkan lebih banyak dibandingkan original. Sedangkan roti jhon manis toppingnya cokelat,keju dan susu,” jelasnya.

Selain topping tersebut, ungkap Suryani, konsumen juga bisa menambahkan ekstra topping yang dapat dipilih, yakni telur, sosis, abon, smoke beef, tuna dan mozarella. Harga nya terbilang murah dibandingkan yang lain, untuk roti jhon pendek Rp 15.000 dan jhon panjang Rp 28.000. Untuk tambahan topping, mulai Rp 4.000 sampai Rp 10.000.

Roti Jhon Bang Boed bukan sekedar makanan pelepas rasa lapar, tapi juga membawa misi edukasi yang ditujukan kepada para pecinta kuliner. Dituturkan Suryani, kemasan produknya dibuat unik, kotak pembungkusnya didesain semenarik mungkin. Yang paling istimewa, pesan-pesan moral dituliskan pada kotak kemasan.

Kata-kata mutiara yang ada di kemasan Roti Jhon Bang Boed contohnya Berdoalah sebelum makan, buang sampah pada tempatnya, jaga kebersihan seperti menjaga hati, dan lain-lain. Mengusung tagline Sensasi Makan Rame Rame, misi sosial ini lah yang juga membuatnya lebih unggul dibandingkan produk sejenis.

Selain dibeli langsung di outletnya, Roti Jhon Bang Boed juga bisa dipesan secara online melalui aplikasi gofood dan goresto. / Nur Rachmat