Kalapas Makassar Perkenalkan Produk Roti Buatan Warga Binaan

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto saat menerima kunjungan silaturahmi Kepala Lapas Kelas 1 Makassar, Budi Sarwono. / Foto: Humas Pemkot Makassar

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Kepala Lembaga Pemasyarakat (Kalapas) kelas 1 Makassar Budi Sarwono, melakukan kunjungan silaturahmi ke Wali kota Makassar Danny Pomanto, Kamis (3/1/2019).

Dalam kunjungannya itu, rombongan Kalapas membawa roti dalam kotak besar, dengan merek D’Laps Bakery, yang merupakan produk hasil buatan warga binaan Lapas Kelas I Makassar. Budi berharap ke depannya produk ini semakin dikenal dan diminati masyarakat.

“Kita juga berharap, D’Laps Bakery dikenal masyarakat. Ini sekaligus menjadi pembinaan yang diberikan kepada WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) lebih menyeluruh, serta skill yang didapatkan dapat menjadi keterampilan kemandirian WBP ketika bebas nantinya,” jelasnya.

Saat ini Budi mengaku, memfokuskan pembinaan kepada WBP. Sementara untuk urusan pemasaran ditangani oleh bidang kegiatan kerja, beserta salah seorang WBP yang memiliki chanel pasar di luar.

Ada pun keuntungannya tetap akan dilelola Lapas Makassar, namun lebih berfokus ke pembinaanya, karena diharapkan skill yang diperoleh oleh WBP dapat bermanfaat ketika kembali ke tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Danny Pomanto menyebut, gebrakan ini dengan istilah lapas produktif. Itu karena di Lapas Makassar kini telah banyak menghasilkan produk yang bernilai ekonomis.

“Lapas produktif. Hal ini sekaligus menjadi bukti kalau Lapas di Makassar itu beda. Banyak produk yang dihasilkan. Rotinya (D’Laps Bjkjakery) enak, lebih enak dari roti biasanya. Produk ini bisa bersaing di pasaran,” kata Danny.

Ada tiga macam roti yang di bawa Budi Sarwono, yakni D’Laps kaya, coklat, dan abon. Semua yang hadir ikut mencicipi produk Lapas Gunung Sari tersebut. Alhasil, dalam sekejap makanan yang berbahan dasar tepung ini ludes tak tersisa. (*)