Barista Harus Mengetahui Karakter Biji Kopi

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Harus diakui bahwa tren menikmati kopi beberapa tahun belakangan ini meningkat pesat. Menariknya, peningkatan tidak hanya terjadi pada pola konsumsi saja, tapi juga orang yang menggeluti profesi sebagai peracik kopi, juga jumlahnya ikut naik.

Tidak sedikit anak muda yang melirik profesi yang dikenal dengan sebutan Barista. Salah satunya Aidil, yang saat ini sebagai Barista di Aston Makassar Hotel & Conventional Center. Ia mengaku berkarir sebagai peracik kopi, diawali karena memang suka minum kopi. Sejak itu lah muncul keinginan untuk mempelajari bagaimana cara membuat minuman kopi yang enak.

“Awalnya karena suka minum kopi, lalu kemudian tertarik untuk membuat kopi sendiri. Pada tahun 2017, saya memutuskan untuk melamar di Aston Hotel sebagai barista,” ungkap pria asal Kabupaten Soppeng ini.

Menurut Aidil, seorang barista bukan sekadar tukang pembuat kopi. Tapi Ia juga harus mengenal karakter biji kopi, sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Lebih jauh lagi, seni meracik kopi adalah representasi hasrat kepuasan yang dibutuhkan penikmatnya. / Komang Ayu