MELIHAT PELUANG BISNIS BERBASIS DIGITAL DI 2019

17

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —  Anak muda zaman now dengan segudang ide kreatifnya, mampu menciptakan sesuatu yang unik, dan memikat masyarakat. Paling menonjol adalah kreasi mereka dalam bisnis berbasis digital, atau lebih dikenal sebagai bisnis online. Tahun 2018 lalu, orang yang menggeluti bisnis ini tumbuh pesat.

Tahun 2019 ini, dengan melihat pertumbuhan pengguna internet tahun lalu yang sangat besar. Berdasarkan Internet World Stats, Indonesia berada di urutan ke-5 di dunia, diyakini bakal mampu menjadi magnet yang luar biasa bagi kaum muda, untuk memanfaatkan peluang bisnis online.
Salah satunya bisnis produk kuliner yang paling populer. Anak muda dengan ide kreatifnya, mampu menciptakan kreasi usaha kuliner dengan brand sendiri, dengan cita rasa yang unik, namun tetap pas di lidah. Makanya banyak mengatakan, usaha kuliner tidak akan pernah mati.
Sebut saja Ayam B22, usaha yang menjajakan kuliner khas Pulau Bali, berhasil mendapatkan keuntungan 80% dari penjulan Online. Diakui owner-nya Agung Novianti, geliat digitalisasi di kota Makassar sangat mempengaruhi bisnisnya.
“Bisnis saat ini mulai mengalami pergeseran, dari konvensional menuju digital. Ketika sebuah usaha tidak siap untuk bersaing secara digital, maka perlahan haurs siap mati perlahan,” ujarnya.

Itu lah sebabnya, banyak perusahaan besar yang awalnya sepenuhnya konvensional, sekarang mulai memperkuat diri juga di jalur bisnis digital. Karena tidak bisa dipungkiri, industri ini mampu membuat dunia yang tanpa ruang dan jarak, sehingga memberi peluang lebih besar untuk menjangkau banyak hal.
Lebih lanjut dituturkan Novi, panggilan akrabnya, kedepan pihaknya akan lebih memperbaiki visual digiatal. Karena tidak bisa dipungkiri, di dunia bisnis online, harus pandai memainkan tampilan visual sebagai daya Tarik
“Di dunia digital, kita pengusaha kuliner harus bisa memanjakan mata, sebelum memanjakan lidah. Dengan pengertian, haurs bisa membuat mata tertarik melihatnya, baru kemudian dilanjutkan dengan mencoba rasanya,” ungla[nya.

Hal yang sama di rasakan oleh pemilik Stylekuy_Mks, Dewi , onlineshop Makassar yang menjual aneka jenis pakaian wanita dewasa. Yang dari awal membangun usaha dari media sosial Instagram.
“Kami menjual melalui melalui Instgram, karena tidak membutuhkan biaya untuk tempat pemasaran. Dan pemegang sosmed Instagram juga banyak. Makanya kami mengambil peluang tersebut. Alhamdulliah peminatnya banyak,” tuturnya.
Ditambahkan Dewi, penjual dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih, dapat mempermudah para pelaku UMKM, apalagi kalau membuka usaha dengan modal sedikit, itu akan sangat membantu.
“Kami memiliki dua online shop, busana wanita serta aneka sepatu pria dan wanita,” ungkapnya. /Komang Ayu