Dinas Dukcapil Maksimalkan Program KucatatKi’

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tahun lalu telah meluncurkan sistem pelayanan berbasis android. Ini sebagai upaya memudahkan dan mempercepat pencatatan, serta pendataan angka kelahiran dan kematian.

Kepala Dinas Dukcapil Makassar, Aryati Puspasari Abady saat menggelar rapat internal bersama jajarannya mengungkapkan, sumbangsih program berbasis teknologi yang telah diwariskan kepala dinas sebelumnya, yakni “Kucatatki” ini benar-benar sangat positif dalam memudahkan pencatatan secara real time.

Hingga akhir desember tahun lalu, Dinas Dukcapil telah bekerja sama dengan 26 rumah sakit, yang terdiri dari rumah sakit ibu dan anak, rumah sakit umum dan rumah sakit swasta.

Menurut Puspasari, dari kerja sama itu manfaat yang dirasakan benar-benar membantu, dimana catatan kelahiran maupun kematian itu dapat di update dengan cepat, atau secara real time.

“Insha Allah kita akan terus maksimalkan program yang benar-benar bermanfaat, termasuk sosialisasinya ke masyarakat. Apalagi kita punya program pelayanan jemput bola di berbagai titik Kota Makassar, sehingga akan lebih mudah menyampaikan ke masyarakat terkait program KucatatKi ini,” ujarnya. (*)