Danny : RT/RW Bagian Dari Pembangunan Kota Makassar

22
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, menghadiri acara Hari Lahir (Harla) ke-1 Komunitas RT/RW Makassar (KR2M). / Foto: Humas Pemkot Makassar

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Peran RT/RW di suatu kota sangat vital. Mereka bagian dari pembangunan kota, termasuk Kota Makassar. Hal itu disampaikan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, saat menghadiri acara Hari Lahir (Harla) ke-1 Komunitas RT/RW Makassar (KR2M), yang diselenggarakan dengan reshuffle pengurus sekaligus lepas kangen sesama anggota, di Pondok Permata Indah, Tanjung Bayam, Makassar.

Danny mengatakan, hingga saat ini RT/RW tidak hanya membawa Kota Makassar menuju lebih baik. Namun, menjadi penyambung lidah terhadap program pemerintah, merata hingga ke lapisan masyarakat terendah.

“Perjuangan RT/RW mengubah kota menuju Makassar yang lebih baik, dan bisa menjadi penetralisir di saat isu politik yang berkembang,” ucapnya.

Di bawah Kordinasi dan pengawasan Lurah, gerak RT/RW, LPM dan penasehat Wali Kota menjalankan tugasnya sebagai agen of sosial. Danny juga menganggap RT/RW mampu menjadi dinamisator peningkatan partisipasi masyarakat, dalam meningkatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

Berperan dalam penataan lingkungan hidup, menjadi fasilitator yang dapat menjaga komunikasi dan harmonisasi program-program dari pemerintahan kepada masyarakat, ataupun sebaliknya memberikan masukan kepada pemerintah secara objektif, optimal dan berkesinambungan, sesuai mekanisme yang berlaku. RT/RW juga  berperan penting dalam pengumpulan dana masyarakat baik pajak maupun non pajak. (*)