Utamakan Pembinaan, Bank Sulselbar FC Ikuti Semua Kategori Usia di Total Liga Gocex

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Bank Sulselbar FC membuktikan diri sebagai wadah pembinaan pesepakbola usia muda. Pada awal 2019, klub yang berkompetisi di Liga 3 Asprov PSSI Sulsel 2018 ini akan mengikuti seluruh kategori usia pada kompetisi bertajuk Total Liga Gocex.

Total Liga Gocex mempertandingkan lima kelompok usia yakni U-10, U-12,U-14,U-16 dan U-18. Khusus di kelompok U-16, Bank Sulselbar FC mengikutkan dua tim. “Kami memang memiliki banyak pemain di kategori U-16. Dengan alasan mengutamakan pembinaan, kami memutuskan tampil dalam dua tim,” ujar Ari Hidayat, manajer Bank Sulselbar FC, Rabu (9/1).

Menurut Ari, menjadi konstestan Total Liga Gocex merupakan tahap awal untuk mengukur kemampuan pemain setelah menjalani latihan rutin di Lapangan Unhas Sunu dan Lapangan Telkom. “Kami menerapkan promosi-degradasi dengan sistem subsidi silang,” papar Ari.

Ari menambahkan, manajemen Bank Sulselbar FC juga memastikan ikut serta pada sejumlah turnamen usia muda seperti Danone Cup, Piala Menpora U-14 dan Piala Menpora U-16. Dua turnamen yang disebut terakhir, Bank Sulselbar berstatus juara bertahan Zona Sulawesi Selatan.

Di level kompetisi resmi PSSI, Bank Sulselbar juga berpatisipasi pada Piala Soeratin dan Liga 3. “Kami juga mengagendakan ikut turnamen tahunan di Makassar seperti Liga Ramadhan dan Piala Walikota,” papar Ari.

Keseriusan Bank Sulselbar FC dalam membina pemain muda sudah mendapat apresiasi dari klub Liga 1 seperti Barito Barito. Dimana dua pemainnya, Ahmad Latando Paturusi dan Alif Jaelani direkrut memperkuat tim Laskar Antasari Muda. Bahkan, Alif bersama pesepakbola kelahiran 2002 se Indonesia mendapat bea siswa untuk berlatih di Inggris selama delapan bulan.

“Kami juga sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah klub dan agen untuk menyalurkan pemain yang kami nilai sudah layak memperkuat klub profesional,” terang Ari. / Komang Ayu.