MAKSIMALKAN PELAYANAN, BNI HADIRKAN BANK KONSEP KAFE

20
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, saat meresmikan Digital Branch (D-Branch) Banking Cafe milik BNI, di Mall Pipo Makassar. / Foto: Humas Pemprov Sulsel

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Menjawab tantangan era digital, PT Bank Negara Indonesia (BNI) persero Tbk terus berkarya dan berinovasi, menjadi pelopor layanan perbankan berbasis digital. Salah satunya dengan mernhadirkan bangking cafe, sebuah konsep pelayanan perbankan yang digabungkan dengan coffee shop.

Bekerjasama dengan Captain Coffee & Co, bank pelat merah membuka banking cafe di lantai 2 Mall Phinisi Point (PiPo). ini sekaligus menjadi pionir perbankan dengan konsep kantor pelayanan kafe di Kota Makassar. Banking Cafe mulai beroperasi di Pipo Mall Makassar, Kamis (27/12).

Menurut Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Edy Awaludin, ini dilakukan agar dapat memberikan solusi keuangan yang cepat dan mudah kepada nasabah, yang saat ini didominasi kaum milenial, dengan menghadirkan inovasi baru outlet BNI Digital Branch.

Tidak seperti kantor cabang BNI pada umumnya, banking cafe ini disulap sebagai tongkrongan cozy milenial. Berafilisasi dengan caffee shop lokal Makassar, Captain Coffee, konsep BNI D-Branch Banking Cafe ini dilengkapi Teller, Internet Point, Video Phone Banking, Interactive Table, Smart Kiosk dan ATM setor tarik tunai.

“Digital Branch (D-Branch) Banking Cafe nantinya akan dipenuhi Smart Kiosk, dimana nasabah dapat melakukan pembukaan rekening sendiri, yang langsung dilengkapi kartu debit dan fasilitas e-banking lainnya,” ungkap Edy.

Di area internet point, terdapat gadget atau tablet, yang dapat digunakan nasabah untuk mengisi elektronik formulir (e-form) pembukaan rekening serta mengetahui informasi seputar produk BNI.

Selain itu, juga dilengkapi dengan Interactive Wall dan Interactive Table, media informasi berupa layar interaktif, yang menampilkan informasi produk dan promo BNI maupun anak perusahaan BNI.

Ada juga Video Contact Center (VCC) atau Video Phone Banking, yang merupakan sarana yang dapat digunakan nasabah untuk memperoleh informasi produk,  dan menyampaikan keluhan terkait transaksi perbankan, dipandu oleh petugas BNI Call secara virtual.

“Area ATM pun ada, dilengkapi ATM Setor Tarik Tunai yang memiliki multi fungsi yakni sebagai mesin setoran tunai, penarikan tunai serta transaksi non tunai,” jelas Edy.

Digital Branch tentu juga dilengkapi coffe shop, sehingga para Nasabah yang ingin bertransaksi, membuka rekening dan sebagainya, bisa sekaligus nongkrong sambil menikmati sajian kopi dan menu lainnya, dari harga Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribuan.

“Pemerintah akan mendukung segala bentuk inovasi yang dilakukan perbankan,  atau industri keuangan yang menghadirkan pelayanan cepat dan tepat. Seperti inovasi layanan yang diberikan BNI, yang terus berupaya memberikan pelayanan cepat dan tepat,” ungkap Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel. / Nur Rachmat