Momentum Sukacita Natal dan Tahun Baru

29
N. Tri Suswanto Saptadi

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Momentum akhir tahun di bulan Desember menjelang Peringatan Hari Raya Natal dan Tahun Baru merupakan peristiwa sukacita bagi masyarakat. Dengan menyambut momentum tersebut terdapat berbagai acara dan tentunya juga peluang bisnis dalam meraih kesempatan dan keuntungan.

Meskipun tergolong bisnis musiman serta berjangka waktu sangat singkat namun dengan memanfaatkan ide kreatif yang ada tentu akan dapat menciptakan dan merealisasikan peluang usaha secara optimal.

Beberapa peluang usaha tersebut seperti bisnis parcel, jualan kue kering, bisnis kembang api dan terompet, aksesoris dan kerajinan, bisnis pakaian, usaha catering, penginapan dan kuliner, percetakan, dan dagang mainan anak-anak.

Selain itu pula bisnis lain dapat menjadi peluang seperti bisnis fotografi, travel dan rental kendaraan, wisata kuliner, destinasi obyek wisata bagi wisatawan, dan membangun jejaring melalui media sosial (medsos) dengan penawaran iklan (desain grafis) dalam mengucapkan “Merry Christmas and Happy New Year”.

Bagi entrepreneur muda dan para pebisnis tentu momentum ini merupakan peluang yang harus disambut dengan baik, gembira dan semangat. Generasi milenial cenderung untuk menggunakan waktu yang ada dalam menunjukkan imajinasi dan kreatifitas dengan membangun jejaring bisnis menggunakan layanan teknologi informasi sebagai sarana penunjang.

Untuk memeriahkan juga terdapat aplikasi pada Android dan IOS yang dapat diinstal seperti aplikasi terompet dan kembang api, kartu ucapan (justWink Greeting Cards, Ink Cards, dan LiveGreeting), peta (Google Maps atau Waze), hiburan (iFlix, Netflix, Hooq, dan aplikasi streaming konten lainnya), Pencatat (Evernote atau OneNote) seperti mencatat resolusi untuk tahun 2019. Secara khusus terdapat pula aplikasi Natal seperti Christmas Countdown, Justwink Greeting Cards, Christmas food, Christmas Gift List, Christmas Photo Frame, Christmas FM, Christmas Decorating Ideas, Christmas Quotes, Christmas Ringtones, dan Gold Christmas Theme.

Bagi para artis, ajang tahun baru juga merupakan kesempatan dalam menampilkan performa terhadap profesi, karya seni, dan budaya dengan melakukan kolaborasi secara bersama. Penampilan para artis melalui acara hiburan dan pelestarian budaya bagi masyarakat lokal dapat memberikan inspirasi dan dinamika masyarakat terhadap gairah perekonomian di tahun 2019. Masyarakat dapat berkunjung dan menikmati acara seni dan budaya melalui destinasi ke Pantai Losari, Benteng Rotterdam, Bantimurung, Wisata Alam Malino, dan lain sebagainya.

Bagi masyarakat umum tentunya momentum ini merupakan kesempatan untuk berekreasi dan bersantai dengan menikmati hari pergantian tahun. Momentum tahun baru juga menjadi kesempatan refleksi, evaluasi, dan resolusi untuk segala rencana dan usaha dengan harapan yang lebih baik dan berkualitas. Terdapat tempat khusus yang biasa digunakan untuk melewati tahun bersama keluarga, orang yang dikasihi, rekan sekolah atau kuliah, rekan kantor atau bisnis, dan tetangga rumah tentunya.

Semoga melalui sukacita Natal dan Tahun Baru 2019 dapat menjadikan berkat dan kebaikan bagi kehidupan sosial warga masyarakat untuk terus menjaga suasana kebersamaan, keberagaman, hidup rukun, damai, toleransi, dan berdampingan satu dengan yang lain serta berpengharapan yang baik dan sehat.

Penulis: Tri Suswanto Saptadi — Dosen Informatika, Ekonomi dan Bisnis Universitas Atma Jaya Makassar