BI: TAHUN POLITIK DORONG PENINGKATAN KONSUMSI RUMAH TANGGA

26

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Tahun 2019 identik dengan tahun politik. Itu karena akan digelarnya pemilihan calon anggota legislatif, dan calon presiden Republik Indonesia yang akan memimpin lima tahun kedepan.

Diharapkan momentum politik tersebut, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apalagi dengan adanya pemilihan umum, yang akan mendorong konsumsi rumah tangga.

Kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel), Bambang Kusmiarso mengatakan, pilkada serentak yang di gelar beberapa bulan lalu memberikan dampak positif.

“Kita patut bersyukur pesta demokrasi 2018, pilkada serentak dapat berlangsung lancar dan aman, sehingga membawa dampak positif bagi perekonomian. Itu tercermin dari konsumsi rumah tangga yang meningkat, disertai investasi yang tetap tinggi,” tuturnya.

Selain itu, kata Bambang, transisi antar pemerintahan pun dapat berjalan baik. Ditunjukkan dengan pertumbuhan belanja pemerintah yang tetap solid, menopang pertumbuhan ekonomi Sulsel, khususnya pada triwulan III 2018.

Sementara, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua, Zulmi mengatakan, di tahun 2019 banyak masyarakat atau pelaku usaha yang akan memanfaatkan momentum tersebut, untuk menumbuh kembangkan usahanya.

Melihat hal tersebut, pengamat ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas), Anas Iswanto Anwar mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sulsel di tahun 2019 yang notabene merupakan tahun politik, akan sangat tergantung pada konstelasi yang terjadi.

Meski begitu, peningkatan perekonomian Sulsel tidak akan begitu signifikan. “Berbicara tentang tahun politik masih plus minus. Sebagian investor masih menganggap akan terjadi sesuatu, sehingga mereka menunggu,” ungkapnya.

Menurut Anas, jumlah uang yang beredar di Sulsel memang akan meningkat,  tetapi itu belum menjadi jaminan masuknya investor.

“Apakah investor mau masuk, itu belum tentu. Karena mereka masih wait and see, kan tidak ada jaminan, mudah-mudahan aman. Investor sederhana keinginannya, saya kira dia menunggu sampai selesai baru mereka masuk,” pungkasnya. / Komang Ayu