HADAPI NATAL DAN TAHUN BARU, BAGAIMANA KESIAPAN TELKOMSEL?

48

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru 2019,  Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringannya. Kesiapan Telkomsel disampaikan saat press conference yang dilaksanakan di Kantor Baruga Telkomsel, Selasa (18/12/2018).

Hadir dalam acara, Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka Ronny Arnaz,  didampingi Vice President ICT Network Management  Telkomsel Area Pamasuka Samuel Pasaribu, Vice President Sales and Marketing Telkomsel Area Pamasuka Herry Setiawan, dan Vice President Business Support Telkomsel Area Pamasuka Ari Besar Pribumi.

“Momen Natal dan Tahun Baru, yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakan momen bagi masyarakat menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya. Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan, untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima, sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati waktu liburannya, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun,” ujar Ronny Arnaz, Executive Vice President  Telkomsel Area Pamasuka.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik, yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru. Seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan, di lokasi infrastruktur baru, seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, tambah Ronny, baik secara nasional dan area Pamasuka, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20% dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31%.

Di sampimg itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games. Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4% dibandingkan hari biasa.

Di area Pamasuka, Telkomsel telah melakukan sejumlah aktivitas untuk mengawal lonjakan trafik komunikasi pada perayaan Natal dan pergantian tahun 2019. Terdapat 158  titik POI (Point Of Interest) dengan klasifikasi 55  titik platinum, 48 titik gold dan 55  titik silver, yang didalamnya termasuk 3 posko Crowd di Lapangan Merdeka Ambon, Manado Town Square, Lapangan Merdeka Balikpapan serta 15 titik posko siaga di tempat wisata.

Disetiap poskonya, Telkomsel menyediakan layanan selling produk, edukasi produk digital dan  broadband, user experience dan tukar poin untuk mendapatkan gimmick menarik dari Telkomsel. Pelanggan juga dapat memperoleh berbagai produk minuman  Nestle dengan gratis, cukup dengan menukarkan minimal 30 TelkomselPOIN saja di seluruh posko Platinum  dan Gold di seluruh Area Pamasuka.

Peningkatan kapasitas network dilakukan di 158  titik POI, seperti melakukan penambahan 198  New Site 4G baru, yang tersebar di Regional Regional Area Pamasuka (Kalimantan, Sulawesi dan Papua Maluku). Selain itu juga melakukan upgrade capacity 4G di 60 titik lokasi, dan mensiagakan 25  Mobile BTS (COMBAT), yang ditempatkan di titik titik keramaian saat tahun baru dan tempat wisata, untuk mengantisipasi lonjakan trafik, sehingga pada saat perayaan pergantian tahun pelanggan dapat menggunakan layanan Telkomsel dengan nyaman.

Untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan Telkomsel dalam menyambut Natal 2018  dan Tahun Baru 2019, Telkomsel Area Pamasuka menyiapkan layanan berupa 18  layanan GraPARI, 14 GraPARI Mini,  208 Mobile GraPARI , 122 Telkomsel Distribution Center (TDC)  dan 890 Outlet Siaga.

Untuk memonitor trafik jaringan, Telkomsel  menyiapkan  posko siaga network  yang standby 24 jam mulai tanggal 22 Desember 2018  hingga 3 Januari 2018, yang terdiri dari 3 posko utama yang ada di masing-masing kota regional, Makassar, Balikpapan dan Jayapura. Juga 12 Posko  Network Service , di masing-masing lokasi Branch di luar kota regional, serta mensiagakan  229  Personnel standby siaga.