ANTISIPASI NATAL, PERTAMINA RESMIKAN DEPOT MINI LPG PRESSURIZED

30

BISNIS SULAWESI, MINAHASA – Jelang natal, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII meningkatkan ketahanan pasokan elpiji di wilayah Minahasa Selatan. Salah satunya dengan meresmikan beroperasinya Depot Mini LPG Pressurized, Kamis (13/12/2018).

Depot yang dioperasikan oleh PT. Megah Jaya Prima Lestari berlokasi di Desa Sapa Kec. Amurang Kab. Minahasa Selatan. Dalam peresmian tersebut, hadir Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu, Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid, Vice President Gas Domestik Pertamina Yanuar Budi Hartanto, dan General Manager Pertamina MOR VII Werry Prayogi.

Mas’ud mengatakan pengoperasian Depot Mini LPG ini akan meningkatkan ketahanan stok elpiji di wilayah Minahasa Selatan. “Depot ini memiliki kapasitas penuh sebesar 2 x 1.000 Metrik Ton (MT). Sehingga stoknya dapat memenuhi kebutuhan elpiji hingga 11 hari ke depan. Tentunya dapat menambah ketersediaan elpiji bagi masyarakat di Minahasa Selatan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Werry menjelaskan momen Natal diestimasi meningkatkan konsumsi elpiji masyarakat. “Kami memprediksi kenaikan konsumsi elpiji di Sulawesi Utara menjelang dan selama momen natal 2018 sebesar 15 persen atau sekitar 30 MT. Hadirnya depot ini dapat melayani pengiriman harian normal (Daily Offtake Thruput /DOT) sebanyak 180 MT,” jelas Werry.

Depot ini menerima pasokan elpiji dari Kalbut. Adapun depot melayani kebutuhan 4 SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji ), 34 agen dan 3.000 pangkalan.

Nur Rachmat