PERFORMA PAMERKAN 60 KARYA TERBAIK ANGGOTANYA

41
Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa) berfoto bersama saat menggelar pameran karya fotografi.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa), menggelar pameran hasil karya fotografi para member-nya. Sebanyak 60 karya foto terbaik dipamerkan dalam kegiatan yang dilaksanakan di Kopi Alps, 2 hingga 6 Desember 2018.

Menurut Panitia Pame­ran, Muhammad Nur Alam, pameran tersebut menampilkan karya beraliran piktorial, atau sebuah seni yang mengedepankan fotografi, dan merupakan karya terbaik anggota Performa, dibeberapa ajang foto, baik lokal, nasional, maupun internasional.

“Foto tersebut ­merupakan hasil karya dari 20 orang fotografer anggota Performa. Karya-karya itu bukan pertama kalinya ditampilkan, ­melainkan telah diikutkan di sejumlah pameran di beberapa kota di ­Indonesia,” tutur pria yang ­akrab disapa Alam.

Karya yang dipamerkan ini juga dikuratori oleh anggota Performa, yang telah mengikuti workshop kurator salon, dan ­telah menyandang gelar fotografi. Dari pameran ini pun, foto-foto tersebut di dokumentasikan menjadi katalog foto.

Tidak hanya itu, pameran ini juga diisi dengan sejumlah rangakaian acara menarik lain, seperti workshop yang meng­hadirkan pemateri profesional di bidangnya. Kegiatan ditutup dengan lomba foto yang di support langsung Pegadaian kantor wilayah Makassar.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah merangsang lahirnya fotografer-fotografer yang berkualitas, dan dapat membawa dan membesarkan nama kota Makassar, dan Indonesia ke ajang-ajang fotografi international,” ungkap Alam.

Bukan hanya itu, Performa juga ingin memperkenalkan foto salon (piktorial) ke para fotografer di daerah ini. Tapi tujuan utamanya tentu sebagai ajang silaturahmi fotografer di kota Makassar.

Performa adalah sebuah wadah organisasi seluruh insan yang berkecimpung secara profesional maupun amatir, penikmat dan pengamat dunia fotografi di kota Makassar. Secara kelembagaan, sudah terdaftar sebagai organisasi resmi, berada di bawah naungan Federasi Fotografer Seni Indonesia, atau lebih dikenal dengan ‘Federation of Photographic Secieties Indonesia (FPSI)’.

Sejak didirikan tahun 2006 di Makassar, sampai sekarang Performa masih rutin melaksanakan aktivitas edukasi fotografi, seperti hunting dan ­diskusi karya, demi ­menjaga kualitas dan eksistensi karya ­para anggotanya secara ­internal. / Nur Rachmat